PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AIR MINERAL (Studi Kasus Konsumen Air Mineral Merek Aqua di Cibabat Kota Cimahi)

Authors

  • Dahlan Ramdani Universitas Nasional PASIM Bandung Author
  • Toni Krisman Ndruru Universitas Nasional PASIM Bandung Author

Keywords:

Electronic Word Of Mouth, Religiusitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh electronic word of mouth dan religiusitas terhadap keputusan pembelian pada konsumen air mineral merek Aqua di Kota Cimahi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Unit analisis penelitian adalah individu yaitu konsumen Air Mineral Merek Aqua di Cibabat Kota Cimahi. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik sampling nonprobability insidental sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan pada variabel eksogen (electronic word of mouth dan religiusitas) terhadap variabel endogen (keputusan pembelian). Implikasi dari penelitian ini adalah electronic word of mouth penting untuk ditingkatkan apabila semakin baik tanggapan positif oleh konsumen, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat, dan religiusitas penting untuk dijaga apabila semakin baik nilai religiusitas pada produk maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat.

References

Bahar, D., & Hidayat. (2016). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Akses Situs Pornografi Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Chofifah. (2023). Dampak Boikot Produk Israil, Pedagang Air Isi Ulang Merk Aqua di Gresik Merugi. Diambil 12 Desember 2023, dari https://www.gresiksatu.com/dampak-boikot-produk-israil-pedagang-air-isi-ulang-merk-aqua-di-gresik-merugi/

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek, Cetakan Pertama. Jawa Timur: Qiara Media.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. SpringerBriefs in Business. Cham: Springer Nature. Diambil dari http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-52459-7

Jamalia, B. (2023). Pengaruh Religiusitas, Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal. Jurnal Studi Keislaman, 4(1).

Jesslyn, B. N., & Loisa, R. (2019). Pengaruh E-Wom Di Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Janji Jiwa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Managemen 15th Editon. Pearson Education,Inc.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 3(1).

Soedibjo, B. S. (2013). Pengantar Metode Penelitian. Bandung: STIE-STMIK PASIM.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bnadung: Alfabeta.

Sulthana, A. N., & Vasantha, S. (2019). Influence of electronic word of mouth eWOM on purchase intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 1–5.

Sumarwan. (2015). Pemasaran strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing plan. Bogor: IPB Pers.

Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. Bibliosmia Karya Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AIR MINERAL (Studi Kasus Konsumen Air Mineral Merek Aqua di Cibabat Kota Cimahi). (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 210-223. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/27