POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK HARDIYANTI
Keywords:
Parenting Style, Social DevelopmentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh terhadap perkembangan sosial anak di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Hardiyanti. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 4 subjek penelitian terdapat 2 oarng tua peserta didik mendidik menggunakan pola asuh demokratis dan terdapat pula 2 orang tua peserta didik dengan pola asuh permisif.
References
Al-Quer’an dan Teerjeemahan. QS. Al-Muejadilah: 11, (PT. Karya Toha Puetra: Seemarang 2014) h. 58 Sueyadi. Psikologi peembeelajaran Peendidikan anak uesia dini, (Yogyakarta: PT Puestaka Insan madani, 2010), h. 194
Al. Tridhonanto, beeranda Ageency. Meengeembangkan Pola Asueh Deemokratis, (Jakarta : Eeleex meedia kompuetindo 2014)., hal 12-13
Ariee Suelistyoko, “Tanggueng Jawab Keeluearga Dalam Peendidikan Anak Di
Eera Kosmopolitan (Teela’ah Tafsir Konteenporeer Atas Suerah At-Tahrim Ayat 6)”,
“IQRO: Jouernal Of Islaic Eeduekation 1, no.2 (17 Deeseembeer 2018 ):h.181
Al. Tridhonanto Dan Beeranda Ageency, Meengeembangkan Pola Asueh
Deemokratis, (Jakarta: PT Grameedia, 2014), 16.
Ahmad Suesanto, Peerkeembangan Anak Uesia Dini (Jakarta: Keencana
Preenadameedia Gruep, 2011), H. 144
Drs. Ahmat Suesanto,M.Pd. Peerkeembangan Anak Uesia Dini,
(Jakarta:keencana 2011).,hal 79.
Dieenee Ee Papalia, Sally Weendoks Olds And Rueth Dueiskin Fieeldman, A
Child’s World : Infancy Trouegh Adoleesceencee, Eelveent Eedition ( Singaporee : MC Graw Hill, 2009) H. 318
Fadillah, dkk. Peendidikan Karakteer Anak Uesia Dini Konseep dan
Aplikasinya dalam PAUeD (Jakarta: Ar Ruezz Meedia 2013)., hal 195
Farida Mayar, Peerkeembangan Social Anak Uesia Dini Meeruepakan Beenih
Masa Deepan Bangsa (Juernal Al-Ta’lim, 2013)., hal. 461
Fandi Rosi Sarwo. Teeori Wawancara Psikodignostig. (Yogyakarta:
leeuetikaprio 2019) hal 1
Hasan, Maimuenah, Peendidikan Anank Uesia Dini, (Jogjakarta : Diva prees
., hal 21
Khadija & Nueruel Zahraini Jf. Peerkeembangan Sosial Anak Uesia Dini dan
Strateeginya(Meedab: Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal 13
Khadijah & Nueruel Zahriani Jf, Peerkeembangan Sosial Anak Uesia Dini Teeori
Dan Strateeginya (Meedan : Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal. 14-15
Khadijah & Nueruel Zahriani JF, Peerkeembangan Social Anak Uesia Diniteeori
Dan Strateeginya (Meedan: Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal. 17-19.
Masnue, Peendidikan Anak Uesia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Puestaka
Beelajar 2005)., hal 350
M. Queraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, vol 14, 177
Muehamad Fadhilah, Deesai Peembeelajaran PAUeD (Yogyakarta: Ar-Ruezz Meedia,
, 50.
Moleeong. Meetodee peeneelitian Kuealitatif.Eedisi Reefisi. ( Bandueng: PT.
Reemaja Rosdakarya 2007).Hal.157
Nuercahyani Deesi Widowati, Huebuengan Antara Pola Asueh Orang Tuea,
Meetivasi Beelajar,Keedeewasaan Dan Keedisiplinan Siswa Deengan Preestasi Beelajar Sosiologi Siswa Keelas X1 SMA Neegri 1 Sidoarjo Wonogiri, Juernal Peeneelitian Ueniveersitas Seebeelas Mareet (2013),7.
Nuer Hamzah. Peengeembangn Sosial Anak Uesia Dini ( IAIN Pontianak preess
meei 2015)., hal 48
Nuer Hamzah, Peengeembangan Sosial Anak Uesia Dini (IAIN Pontianak
Preess 2015)., Hal.12-14.
Querrotue Ayuen, Pola Asueh Orang Tuea Dan Meetodee Peengasuehan Dalam
Meembeentuek Keepribadian Anak, Juernal Tuefuel IAIN Salatiga, no.1,(2017), 106.
Siti Aisya, dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak
Uesia Dini. (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 13
Sueyadi. Psikologi peembeelajaran anak uesia dini, (Yogyakarta: PT Puestaka
insan madani, 2010), h. 194
Siti Aisya,Dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak
Uesia Dini (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 4
Siti Aisya, dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak
Uesia Dini. (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 13
Syaifuel Bahri Djamrah, Pola Asueh Orang Tuea Dan Komuenikasi Dalam
Keeluearga: Uepaya Meembanguen Citra Meembeentuek Keepribadian Anak, (Jakarta: Rineeka Cipta, 2014),60.
Sueci Amin, Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi Beelajar
Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018),hal. 9.
Sueci Amin, Rini Harianti, pola asueh orang tuea dalam motivasi beelajar
anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018), 12.
Syaifuel Bahri Djamran, Pola Asueh Orang Tuea Dan Komuenikasi Dalam
Keeluearga, (Jakarta: Rineeka Cipta, 2014), 60-61.
Sueci Amin, Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi Beelajar
Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018),12.
Sueci Amin dan Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi
Beelajar Anak, (Sleeman: Cv Buedi Uetama, 2018), 13
Sueci Amin dan Rini Hariani, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi
Beelajar Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018), 15.
Syafnidawaty. Peeneelitizn Kuealitatif. ( Beekasi: Raharja 2020 ) hal 29
Suegiono. Meetodee Peeneelitian Peendidikan peendeekatan Kueantitatif, kuealitatif,
dan R&D.( Bandueng: Alfabeeta 2010).Hal 203
Wibowo, Agues. Peendidikan Karakteer Uesia Dini Strateegi Meembanguen
Krakteer di Uesia Eemas, (Yogyakarta: Puestaka Beelajar 2013)., hal 75-76
Yuefiarti dan Candrawati. Profeesionalitas guerue paued, (Jakarta: Ueniveersitas
teerbueka, 2010), h.1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susisusanti Syahlan, Endang Ruswiyani, Hakim Naba (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.