POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK HARDIYANTI

Authors

  • Susisusanti Syahlan Universitas Islam Makassar Author
  • Endang Ruswiyani Universitas Islam Makassar Author
  • Hakim Naba Universitas Islam Makassar Author

Keywords:

Parenting Style, Social Development

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh terhadap perkembangan sosial anak di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Hardiyanti. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 4 subjek penelitian terdapat 2 oarng tua  peserta didik mendidik menggunakan pola asuh demokratis dan terdapat pula 2 orang tua peserta didik dengan pola asuh permisif.

References

Al-Quer’an dan Teerjeemahan. QS. Al-Muejadilah: 11, (PT. Karya Toha Puetra: Seemarang 2014) h. 58 Sueyadi. Psikologi peembeelajaran Peendidikan anak uesia dini, (Yogyakarta: PT Puestaka Insan madani, 2010), h. 194

Al. Tridhonanto, beeranda Ageency. Meengeembangkan Pola Asueh Deemokratis, (Jakarta : Eeleex meedia kompuetindo 2014)., hal 12-13

Ariee Suelistyoko, “Tanggueng Jawab Keeluearga Dalam Peendidikan Anak Di

Eera Kosmopolitan (Teela’ah Tafsir Konteenporeer Atas Suerah At-Tahrim Ayat 6)”,

“IQRO: Jouernal Of Islaic Eeduekation 1, no.2 (17 Deeseembeer 2018 ):h.181

Al. Tridhonanto Dan Beeranda Ageency, Meengeembangkan Pola Asueh

Deemokratis, (Jakarta: PT Grameedia, 2014), 16.

Ahmad Suesanto, Peerkeembangan Anak Uesia Dini (Jakarta: Keencana

Preenadameedia Gruep, 2011), H. 144

Drs. Ahmat Suesanto,M.Pd. Peerkeembangan Anak Uesia Dini,

(Jakarta:keencana 2011).,hal 79.

Dieenee Ee Papalia, Sally Weendoks Olds And Rueth Dueiskin Fieeldman, A

Child’s World : Infancy Trouegh Adoleesceencee, Eelveent Eedition ( Singaporee : MC Graw Hill, 2009) H. 318

Fadillah, dkk. Peendidikan Karakteer Anak Uesia Dini Konseep dan

Aplikasinya dalam PAUeD (Jakarta: Ar Ruezz Meedia 2013)., hal 195

Farida Mayar, Peerkeembangan Social Anak Uesia Dini Meeruepakan Beenih

Masa Deepan Bangsa (Juernal Al-Ta’lim, 2013)., hal. 461

Fandi Rosi Sarwo. Teeori Wawancara Psikodignostig. (Yogyakarta:

leeuetikaprio 2019) hal 1

Hasan, Maimuenah, Peendidikan Anank Uesia Dini, (Jogjakarta : Diva prees

., hal 21

Khadija & Nueruel Zahraini Jf. Peerkeembangan Sosial Anak Uesia Dini dan

Strateeginya(Meedab: Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal 13

Khadijah & Nueruel Zahriani Jf, Peerkeembangan Sosial Anak Uesia Dini Teeori

Dan Strateeginya (Meedan : Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal. 14-15

Khadijah & Nueruel Zahriani JF, Peerkeembangan Social Anak Uesia Diniteeori

Dan Strateeginya (Meedan: Meerdeeka Kreeasi, 2021)., hal. 17-19.

Masnue, Peendidikan Anak Uesia Dini Dalam Islam, (Yogyakarta: Puestaka

Beelajar 2005)., hal 350

M. Queraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, vol 14, 177

Muehamad Fadhilah, Deesai Peembeelajaran PAUeD (Yogyakarta: Ar-Ruezz Meedia,

, 50.

Moleeong. Meetodee peeneelitian Kuealitatif.Eedisi Reefisi. ( Bandueng: PT.

Reemaja Rosdakarya 2007).Hal.157

Nuercahyani Deesi Widowati, Huebuengan Antara Pola Asueh Orang Tuea,

Meetivasi Beelajar,Keedeewasaan Dan Keedisiplinan Siswa Deengan Preestasi Beelajar Sosiologi Siswa Keelas X1 SMA Neegri 1 Sidoarjo Wonogiri, Juernal Peeneelitian Ueniveersitas Seebeelas Mareet (2013),7.

Nuer Hamzah. Peengeembangn Sosial Anak Uesia Dini ( IAIN Pontianak preess

meei 2015)., hal 48

Nuer Hamzah, Peengeembangan Sosial Anak Uesia Dini (IAIN Pontianak

Preess 2015)., Hal.12-14.

Querrotue Ayuen, Pola Asueh Orang Tuea Dan Meetodee Peengasuehan Dalam

Meembeentuek Keepribadian Anak, Juernal Tuefuel IAIN Salatiga, no.1,(2017), 106.

Siti Aisya, dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak

Uesia Dini. (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 13

Sueyadi. Psikologi peembeelajaran anak uesia dini, (Yogyakarta: PT Puestaka

insan madani, 2010), h. 194

Siti Aisya,Dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak

Uesia Dini (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 4

Siti Aisya, dkk. Peerkeembangan Dan Konseep Dasar Peengeembangan Anak

Uesia Dini. (Jakarta: Ueniveersitas teerbueka 2007), hal 13

Syaifuel Bahri Djamrah, Pola Asueh Orang Tuea Dan Komuenikasi Dalam

Keeluearga: Uepaya Meembanguen Citra Meembeentuek Keepribadian Anak, (Jakarta: Rineeka Cipta, 2014),60.

Sueci Amin, Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi Beelajar

Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018),hal. 9.

Sueci Amin, Rini Harianti, pola asueh orang tuea dalam motivasi beelajar

anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018), 12.

Syaifuel Bahri Djamran, Pola Asueh Orang Tuea Dan Komuenikasi Dalam

Keeluearga, (Jakarta: Rineeka Cipta, 2014), 60-61.

Sueci Amin, Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi Beelajar

Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018),12.

Sueci Amin dan Rini Harianti, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi

Beelajar Anak, (Sleeman: Cv Buedi Uetama, 2018), 13

Sueci Amin dan Rini Hariani, Pola Asueh Orang Tuea Dalam Motivasi

Beelajar Anak, (Sleeman: CV Buedi Uetama, 2018), 15.

Syafnidawaty. Peeneelitizn Kuealitatif. ( Beekasi: Raharja 2020 ) hal 29

Suegiono. Meetodee Peeneelitian Peendidikan peendeekatan Kueantitatif, kuealitatif,

dan R&D.( Bandueng: Alfabeeta 2010).Hal 203

Wibowo, Agues. Peendidikan Karakteer Uesia Dini Strateegi Meembanguen

Krakteer di Uesia Eemas, (Yogyakarta: Puestaka Beelajar 2013)., hal 75-76

Yuefiarti dan Candrawati. Profeesionalitas guerue paued, (Jakarta: Ueniveersitas

teerbueka, 2010), h.1.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK HARDIYANTI. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(03), 891-899. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/126

Similar Articles

1-10 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.