STRATEGI MEMBANGUN BISNIS E-COMMERCE YANG SUKSES DI ERA DIGITAL

Authors

  • Dimas Sypriansyah Universitas Islam Sumatera Utara Author
  • Abdurrozzaq Hasibuan Universitas Islam Sumatera Utara Author

Keywords:

e-commerce, strategi bisnis, era digital

Abstract

E-commerce telah menjadi sektor yang berkembang pesat di era digital, didorong oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Artikel ini membahas strategi yang dapat diterapkan untuk membangun bisnis e-commerce yang sukses, termasuk riset pasar, branding, pemasaran digital, pengelolaan logistik, pemanfaatan teknologi, dan layanan pelanggan. Dengan metode penelitian studi kepustakaan, artikel ini menganalisis berbagai literatur untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi pelaku usaha. Hasilnya menunjukkan bahwa inovasi, adaptasi terhadap kebutuhan konsumen, dan regulasi pemerintah yang mendukung adalah kunci keberhasilan bisnis e-commerce di era digital. Artikel ini memberikan wawasan komprehensif untuk membantu pelaku bisnis mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi persaingan industri yang ketat

References

Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317-325.

Bowo, F. A. (2022). Peran e-commerce dan strategi promosi ditinjau dari kebijakan klustering UMKM di era digital. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 22(1), 59-74.

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160-170.

Nanda, A. Y. (2018). Analisis strategi pemasaran yang efektif Bagi Pengguna E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(1).

Putri, T., & Riofita, H. (2024). ARTIKEL STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE UNTUK MEMAKSIMALKAN PERTUMBUHAN BISNIS. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Srisadono, W. (2018). Strategi perusahaan e-commerce membangun brand community di media sosial dalam meningkatkan omset penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167-179.

Usady, H. (2023). Tantangan, Faktor dan Strategi dalam Penerapan E-Commerce: Systematic Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta (pp. 765-773).

Widiastuti, W. (2024). Adaptasi Strategi Pemasaran Perusahaan E-commerce Indonesia: Kajian Data Annual Report 2021-2023. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 35-40.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

STRATEGI MEMBANGUN BISNIS E-COMMERCE YANG SUKSES DI ERA DIGITAL. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 177-185. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/177

Similar Articles

1-10 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.