PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI D’BESTO UJUNG BATU
Keywords:
Kualitas Pelayanan, kualitas produk, Harga, Kepuasan, Pelanggan, D’Besto Ujung BatuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan pelanggan di D’Besto Ujung Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 30,2%, kualitas produk sebesar 40,5%, dan harga sebesar 25,3% terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan sebesar 85,7% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Temuan ini memberikan implikasi bagi manajemen D’Besto Ujung Batu untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan serta menyesuaikan strategi harga agar tetap kompetitif. Dengan peningkatan ini, kepuasan pelanggan dapat terus ditingkatkan, yang pada akhirnya akan berdampak pada loyalitas pelanggan dan keberlanjutan bisnis.
References
Alam, Iqra Nur, and Masran Mustakim. (2024). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan D ’ Besto Pada Cabang Meruyung Di Kota Depok Jawa Barat.” JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation 2(1): 668–77.
Andera, Nafa Cahaya, and Kris Dipayanti. (2024). “Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada D ’ Besto Chicken Cabang Pondok Benda Kota Tangerang.” 1(2): 311–30.
Galang Putra, Islamay. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di D’besto Tabing Padang.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat." Jurnal Akuntansi dan Manajemen 8(01): 121–27.
Gujrati,nD.N. (2022).Basic Econometrics (6th ed.).McGraw-Hill. [10] Kotler, P.,
K.L. (2020). Marketing Management (15 th ed.). Pearson Education.
Lumintang, Greifie, and Rotinsulu J Jopie. 2015. “Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Holland Bakery Boulevard Manado Analysis of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction At Holland Bakery Boulevard Manado.” Maret 3(1): 1291–1302.
Mahanani, Estu, and Ilham Kudratul Alam. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 19(01): 11–21.
Nuraini, and Mohammad Sofyan. (2023). “Pengaruh Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada D’Besto Chicken & Burger Di Daerah Jakarta Barat.” Jurnal administrasi bisnis 3(3): 333–45.
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1).
Rahayu, H. C., Purwantoro, P., & Setyowati, E. (2021). Measuring the Effect of Inequality and Human Resource Indicators to Poverty Density in Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 22(2), 153-160.
Susanto and N. I. Otoluwa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Astra Internasional tbk Honda Cabang Maros,” J. Brand, (2020).
Sugiyono. (2016). “Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Hargaterhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 5: 5.
Tijiotono, F. (2020). Strategi Pemasaran (5 th ed.) Yogjakarta: Andi Offiset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilis Nurasiah, Afrijal, Heffi Christya Rahayu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.