EFEKTIVITAS METODE VIRTUAL FIELD TRIP PADA PEMBELAJARAN IPAS  KELAS IV

Authors

  • Arifana Fildzah Chaerani Universitas PGRI Adi Buana Author
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Author

Keywords:

Virtual field trip

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanaya kondisi siswa dalam kemampuan memahami materi masih rendah, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, dan juga siswa yang tidak antusias dalam proses pembelajaran dapat berdampak pada tidak berhasilnya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV-B di MIN 2 Kota Surabaya dengan jumlah 27 siswa. Hasil dalam penelitian Evektifitas metode virtual field trip diukur dengan 3 indikator. Yaitu indikator aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa. Dari ketiga indikator tersebut telah diperoleh data hasil aktivitas siswa dengan skor 96, hasil respon siswa dengan presentase 94,7% dan hasil belajar siswa dengan presentase 70,3%. Dari data tersebut telah di hitung rata-rata indikator dan diperoleh presentase nilai hasil akhir sejumlah 87% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan virtual field trip pada pembelajaran IPAS materi pancaindera terbuktit efektif.

References

Amala, H. A., Amprasto, A., & Solihat, R. (2019). Virtual Field Trip dan Penggunaannya sebagai Fasilitator dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Abad ke-21 Siswa. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.16150

Amprasto, A., Rahmatika, R. A., & Solihat, R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Ekosistem Mangrove. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(2). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8723

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Enung, E., & Usman, M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Field Trip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8763

Fanani, A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756

Handayani, E. D., Ramdhan, B., Studi, P., Biologi, P., Sukabumi, U. M., Sukabumi, K., Barat, J., & Tes, S. (n.d.). Pengaruh media virtual field trip terhadap kemampuan berpikir kritis. 6(1), 116–123.

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

EFEKTIVITAS METODE VIRTUAL FIELD TRIP PADA PEMBELAJARAN IPAS  KELAS IV. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 670-676. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/93