EFEKTIVITAS METODE VIRTUAL FIELD TRIP PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV
Keywords:
Virtual field tripAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanaya kondisi siswa dalam kemampuan memahami materi masih rendah, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, dan juga siswa yang tidak antusias dalam proses pembelajaran dapat berdampak pada tidak berhasilnya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV-B di MIN 2 Kota Surabaya dengan jumlah 27 siswa. Hasil dalam penelitian Evektifitas metode virtual field trip diukur dengan 3 indikator. Yaitu indikator aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa. Dari ketiga indikator tersebut telah diperoleh data hasil aktivitas siswa dengan skor 96, hasil respon siswa dengan presentase 94,7% dan hasil belajar siswa dengan presentase 70,3%. Dari data tersebut telah di hitung rata-rata indikator dan diperoleh presentase nilai hasil akhir sejumlah 87% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan virtual field trip pada pembelajaran IPAS materi pancaindera terbuktit efektif.
References
Amala, H. A., Amprasto, A., & Solihat, R. (2019). Virtual Field Trip dan Penggunaannya sebagai Fasilitator dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Abad ke-21 Siswa. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.16150
Amprasto, A., Rahmatika, R. A., & Solihat, R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Ekosistem Mangrove. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15(2). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8723
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Enung, E., & Usman, M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Field Trip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8763
Fanani, A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2756
Handayani, E. D., Ramdhan, B., Studi, P., Biologi, P., Sukabumi, U. M., Sukabumi, K., Barat, J., & Tes, S. (n.d.). Pengaruh media virtual field trip terhadap kemampuan berpikir kritis. 6(1), 116–123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arifana Fildzah Chaerani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.