PENERAPAN STRATEGI KEMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tomy Widiyanto SD Negeri 1 Banyuurip Author

Keywords:

Picture and Picture, Kembar Strategy, Verb

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan implementasi metode pembelajaran picture and picture dengan strategi kembar dalam upaya meningkatkan kosakata kata kerja Bahasa Inggris siswa sekolah dasar dengan sasaran subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SD Negeri 1 Banyuurip, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. Strategi kembar adalah akronim dari Kegiatan Pembahasan Gambar atau Poster Session Method digunakan sebagai strategi yang efektif untuk menarik minat siswa mempelajari kosakata kata kerja Bahasa Inggris. Melalui pendekatan critical incident atau pengalaman penting yang diterapkan ketika memulai pembelajaran, siswa sejak awal ditanya pengalaman mereka terkait materi. Kegiatan Pembahasan Gambar yang dilakukan merupakan gambaran aktivitas sehari-hari siswa yang memberikan ruang kepada mereka untuk mengingat lebih mudah mengenai kejadian penting berupa tindakan dan kondisi sehari-hari. Pola penerapan model Kembar melalui strategi critical incident adalah upaya untuk meningkatkan kosakata kata kerja Bahasa Inggris siswa sekolah dasar agar materi pembelajaran lebih mudah untuk diterima dan dipahami serta berkesinambungan terhadap kompetensi dasar yang akan dicapai. Dengan mengaplikasikan mo­del pembelajaran ini, siswa secara berkelompok mengidentifikasi kata kerja dalam Bahasa Inggris melalui pembahasan gambar yang mendeskripsikan kegiatan sehari-hari sehingga menumbuhkan keterampilan berpikir arah tinggi (HOTS) dan student-centre learning.

References

Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61 https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395.

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4, https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617.

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161.

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI KEMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(03), 864-873. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/121