MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI MI UNGGULAN NURUL ISLAM WANAYASA PURWAKARTA

Authors

  • Enang Sutiana Universitas KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto Author

Keywords:

Manajemen Strategi Program Tahfidz Al-Quran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran serta mendeskripsikan tentang Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu serta  hambatan dan pendukung dalam program Tahfidz Al-Quran di MI Unggulan Nurul Islam Wanayasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan tempat penelitian di MI Unggulan Nurul Islam Wanayasa. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Juli sampai bulan Agustus 2023. Subjek dan Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Tahfidz. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dan melaporkan apa yang telah diperoleh selama penelitian berlangsung serta memberikan interprestasi terhadap data kedalam suatu kebutuhan yang utuh dengan mempergunakan kata-kata sehingga dapat mengunakan objek penelitian pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala madrasah dalam menejemen strategi peningkatan mutu program Tahfidz Al-Quran meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Pengendalian (Kontroling), 5) Evaluasi. Hambatan yang dihadapi adalah: 1) Kemampuan dan mood anak yang tidak stabil, 2) Kemampuan tahsinul qur’an yang kurang, 3) Beragamnya kemampuan siswa dalam menghafal, 4) Kurangnya pemahaman guru dalam penerapan metode tahfidz 5) Kurangnya pemahaman orangtua terkait pentingnya muroja’ah. Faktor pendukung : 1) Program tahfidz merupakan program unggulan Yayasan, 2) Guru Tahfidz Al-Quran telah terseleksi dibidang Al-Quran baik tahsin maupun tahfidz, 3) Koordinator tahfidz telah hafidz Qur’an 30 Juz, 4) Antusias wali siswa yang menginginkan Anaknya hafal Al-Quran, 5) Program tahfidz yang menjadi ikon Madrasah.

References

Afifuddin. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Didin Kurniadin. 2015. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan Baharun. 2016. “Manajemen Kinerja Dalam Menngkatkan Competitive Advantage.” Jurnal IlmuTarbiah "At-Tajdid.

Helmawati. 2014. Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah Melalui Managerial Skills. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama. 2010. Al-Quran Dan Tafsirnya Jilid V. Jakarta: Lentera Abadi.

Khori, Ahmad. 2016. “Manajemen Strategi Dan Mutu Pendidikan Islam.” Cendekia 1.

Lutfi Ahmad. 2009. Pembelajaran Al-Quran Dan Hadits. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam.

Muhammad Fadhli. 2016. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.” Itqan VII:1.

Pananragi, Andi Rasyid. 2017. Manajemen Pendidikan. Makasar: Celebers Media Perkasa.

Rismi Somad. 2014. Manajemen Superfisi Dan Kepemimpinan Kepa Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Sa Dullah. 2008. 9 Cara Cepat Meghafal Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Segala. 2013. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudarwan Danim. 2010. Inovasi Pendidikan Dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DI MI UNGGULAN NURUL ISLAM WANAYASA PURWAKARTA. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 280-288. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/186

Similar Articles

41-50 of 199

You may also start an advanced similarity search for this article.