PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)
Keywords:
Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, ProfitabilitasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor food and beverage di bursa efek Indonesia periode 2019 – 2023. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari annual report perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknis analisis data yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 perusahaan dan diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 90. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) likuiditas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, 2) leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, 3) pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, 4) likuiditas, leverage, dan pertumbuhan penjualan secara simultan berbengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.
References
Akbar, F., & Fahmi, I. (2020). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 62–81. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/ekm
Amin, et al. (2023). Pengaruh perputaran modal kerja, rasio aktivitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i1.2054
Anggarsari, L., & Aji, T. S. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, perputaran modal kerja dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas (Sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6, 542–549.
Anisa, T. D., & Febyansyah, A. (2024). Pengaruh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 8(1), 1992–2016. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3896
Chen, S., & Oetomo, H. W. (2015). Pengaruh leverage, likuiditas dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4, 1–21.
Fransisca, E., & Widjaja, I. (2019). Pengaruh leverage, likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(2), 199. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i2.5079
Kasmir. (2017). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Rajawali Persada.
Kasmir. (2018). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2019). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Putra, A. A. W. Y., & Badjra, I. B. (2015). 5C51283E4230C9Ec4981105Da4218345. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(7), 2052–2067.
Shintya, M. N. (2017). Analisis pengaruh leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Pakunan Bogor
Simangunsong Suriani, L. (2023). Pengaruh pertumbuhan penjualan, likuiditas dan leverage terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Retrieved from repository.uma.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Charlya Astra, Andi Afrizal, Hendry Kurniawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





