PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBATUAN SMART APPS CREATOR PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD
Keywords:
Smart Apps Creator, Multimedia, Pertumbungan dan PerkembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah. Untuk mengetahui rancangan dari media pembelajaran Smart Apps Creator di SDN 104281 Naga Rejo. Untuk mengetahui validitas dari multimedia interaktif menggunkan Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik dengan Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di SDN 104281 Naga Rejo. Penelitian ini menggunakan metode campuran dan merupakan jenis penelitian yang dikenal sebagai Research and Development (R&D). Subjek pada penelitian kali ini adalah guru dan siswa/i kelas III SD Negri 104281 Naga Rejo dengan berjumlah 26 orang. Subjek pada penelitian kali ini adalah pengembangan multimedia interaktif pengembangan multimedia interaktif berbantuan smart apps creator pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD Negri 104281 Naga Rejo, Kecamatan Galang. Tingkat kevalidan materi 5 tingkat kevalidan media 5,1 pengembangan multimedia interaktif menggunakan smart apps creator untuk materi pembelajaran pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD dinyatakan sangat valid. Pengembangan multimedia interaktif menggunakan smart app creators pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD dikatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata angket respon guru 5, tingkat kepraktisan 4,5 dari hasil uji coba Konsekuensi dari karya ini adalah produk yang dikembangkan sebagai bahan pembelajaran tematik untuk guru dan siswa dalam mencari tahu tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Oleh karena itu, peserta didik dapat menggunakan multimedia interaktif untuk memahami materi secara efektif. Multimedia interaktif ini juga dapat digunakan sebagai sumber belajar atau sebagai alternatif belajar mandiri.
References
Aminah, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada Tema Ekosistem Kelas V SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk mengajarkan global warming. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 72-80).
Kemendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Kemendikbud RI, STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, 1-15. http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud 22- 2016SPDikdasmen.pdf
Mutiarajaiz,rianvebrianto,Zulhida,MaryBerlian(2022).pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator pada Tematik SD: Jurnal Ilmiah https://media.neliti.com/media/publications/445768-none-1b37fff9.pdf
Pinilih, F., Budiharti, R., & Ekawati, E. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(2), 120454. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI – Mutiara Jaiz, Rian Vebrianto, Zulhidah, Mery Berlian DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2428
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V20i2.7173
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development).
Munawaroh, I. (2019). Konsep dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Fahroji, O. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Tema 7 Subtema 1 Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup Di sekitar Kita Di Kelas I Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, PGSD).
Suryaningtyas, V. W., Nugroho, R. A., Cahyono, S. P., Nababan, M. R., & Santosa, R. (2019, September). Translation Learning Enrichment Using Smart Application Creator 3.0: An Attempt to Design a Mobile Application in Translation for Tourism Purpose Course. In 2019 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic) (pp. 542-547). IEEE.
Zainiyati, HS. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Surabaya: Kencana
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2013). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. In Seminar Nasional Riset Inovatif IV (Vol. 208).
Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196-208.
Mulyasa, Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009), 59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Triana Junita, Samsul Bahri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.