IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ADDA’WAH PARUNGKUDA

Authors

  • Asep September STAI Kharisma Author
  • Muhammad Alfi Mulyadi STAI Kharisma Author
  • Kun Nurachadijat STAI Kharisma Author

Keywords:

Teknologi, Android, Media Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada era globalisasi saat ini tidak mampu dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif denga metode pengumpulan data yaitu dengan membagikan Angket atau Kusioner kepada Peserta didik kelas V yang ada di Lembaga Pendidikan MI Adda’wah Parungkuda dalam menghadapi tantangan dan peluang revolusi Industri. Teknologi pendidikan merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada pembelajaran yang akibatnya tujuan pembelajaran bisa tercapai secara efektif dan efisien, yang tidak hanya sebatas alat dan barang atau perangkat keras (hadware) namun juga software, dan brainware. Dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi pembelajaran masih ada tiga prinsip dasar, yaitu:1) Pendekatan sistem (system approach), 2) Berorientasi pada peserta didik (learner centered), 3) Pemanfaatan sumber belajar semaksimal dan sebervariasi mungkin (utilizing learning resources). Hasil studi menggambarkan bahwa teknologi pendidikan memiliki peranan yang sangat krusial pada pembelajaran. Jadi bisa dikatakan bahwa antara penemuan pendidikan teknologi pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hasil Penelitian Mengemukakan bahwa di Lembaga pendidkan MI Adda’wah secara keseluruhan sudah siap mengahadapi tantangan dan peluang revolusi industri, adapun kekurangan dalam fasilitas bisa ditingkatan di kemudian hari dengan penambahan teknologi untuk media pembelajaran.

References

Nurachadijat Kun (2023) Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) (3)

Rahmasyah Muhammad Fahmi(2021)MERDEKA BELAJAR: UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH/MADRASAH Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index

Darmawan, Deni, 2012, teknologi pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fauzan, Rahman, “Karakteristik Model dan Analisa Peluang-Tantangan Industri 4.0”, Jurnal

PHASTI, Volume 04, Nomor 1, Edisi April 2018.

Dirjen Belmawa Ristek Dikti, “Era Revolusi Industri 4.0: Perlu Persiapkan Literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia,” Berita, 17 Januari 2018, belmawa.ristekdikti.go.id/2018/01/17/era- revolusi-industri-4-0- perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia diakses pada 16 Juli 2018.

Ghiffar, Muhammad Alfarizqi Nizamuddin, “Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi

Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum”, STKIP Andi Matappa Pangkep,

Mei 2018.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu- Malang.Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH ADDA’WAH PARUNGKUDA. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 456-462. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/66

Similar Articles

1-10 of 89

You may also start an advanced similarity search for this article.