ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 1 KABANDUNGAN

Authors

  • Salsabila Defika STAI Kharisma Author
  • Kun Nurachadijat STAI Kharisma Author
  • Saila Paroh STAI Kharisma Author
  • Nanda Alya Agustina STAI Kharisma Author

Keywords:

Revolusi industri, kemajuan teknologi, integrasi

Abstract

Penelitian ini membahas analisis pengembangan pendidikan era revolusi industri 4.0 di SMAN 1 Kabandungan, Sukabumi. Penelitian ini bertujuan dapat mencakup pemahaman lebih dalam terkait efektivitas metode pengajaran, penerapan teknologi dalam pembelajaran, adaptasi kurikulum untuk memenuhi kebutuhan industri, serta identifikasi hambatan dan peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan era revolusi industri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melibatkan guru sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak revolusi industri, terutama dalam hal kemajuan teknologi, memberikan tantangan besar bagi guru untuk beradaptasi. Inovasi, seperti integrasi materi ke dalam media sosial dan pemanfaatan teknologi, diperlukan untuk mempertahankan minat dan keterlibatan siswa. Namun, ada kekhawatiran terkait kurangnya minat baca, konsentrasi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, yang dapat diatasi dengan tugas yang sesuai dengan minat siswa. Di perkampungan, terdapat kesenjangan dalam pemahaman teknologi, analisis data, dan pemrograman, disertai dengan kendala infrastruktur dan kesadaran yang kurang dari orang tua.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Brown, M., Conole, G., & Beblavy, M. (2019). Education outcomes enhanced by the use of digital technology : reimagining the school learning ecology. https://doi.org/10.2766/965566

Halili, S. H. (2013). THE ONLINE JOURNAL OF DISTANCE EDUCATION AND E-LEARNING. www.tojdel.net

Hani, R., & Richardus, E. I. (2021). Guru Milenial dan Tantangan Society 5.0. Andi.

Hasbullah, M. (2015). Kebijakan Pendidikan : Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Hassan A S, W. W. (2020). Students’ Readiness In Facing Industrial Revolution 4.0 Among Students Of Technical Teacher’s Education. www.ijstr.org

Hermann, M., Otto, B., & Pentek, T. *. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248

King, F. J., Goodoson, L., & Rohani, F. (1998). Higher Order Thinking Skills. Dalam Center for Advancement of Learning and Assassment.

Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge of Learning. Journal of Humanities and Social Sciences.

Reksoatmodjo, T. N. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Refika Aditama.

Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V10I1.29347

Sugiarto, S. (2019). KESIAPAN KEPALA MADRASAH ALIYAH SWASTRA MENYELENGARAKAN PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KABUPATEN SUMBAWA BESAR. Jurnal Kependidikan, 4(1), 37–45. https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/14

Susanti, E., Maulidah, R. A., & Makiyah, Y. S. (2019). Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0. Diffraction : Journal for Physics Education and Applied Physics, 1.

Yuliati, Y., Saputra, D. S., Publikasi, M., Bidang, P., & Dasar, P. (2019). PEMBELAJARAN SAINS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 167. https://doi.org/10.31949/JCP.V5I2.1389

K Nurachadijat, D Fikruzzaman, H Ankesa, 2023. Human Concepts In The Perspective of Islamic Educational Philosophy

Syamsuar , Reflianto, 2018. PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

FM Aziz, K Nurachadijat - Ta'rim, 2023. Pengaruh Kolaborasi Thinking Learning Dan Tekateki Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Di SMPIT At Taisiriyah Sukabumi

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 1 KABANDUNGAN. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 434-441. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/63

Similar Articles

1-10 of 32

You may also start an advanced similarity search for this article.