PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA-SISWI KELAS VI DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH ADDA’WAH PARUNGKUDA

Authors

  • Riana Setiani STAI KHARISMA Author
  • Siti Nurherlina STAI KHARISMA Author
  • Mahwa Dalimi STAI KHARISMA Author
  • Kun Nurachadijat STAI KHARISMA Author

Keywords:

Teknologi, Media Pembalajaran, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan selalu mengalami kemajuan. Guru pun diarahkan  untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Secara umum, media pembelajaran sendiri adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan bagi siswa untuk belajar lebih banyak, mengetahui apa yang dipelajarinya dengan baik, dan meningkatkan penampilan dalam melakukan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Bahkan dengan adanya media pembelajaran juga bisa membentuk karakter peserta didik. Media pembelajaran memang diakui sebagai salah satu faktor pendukung yang sangat penting dalam proses belajar-mengajar. Pernyataan tersebut didukung dengan banyaknya penelitian yang mendukung penggunaan media pembelajaran.  Namun, media pembelajaran hanya efektif ketika digunakan dengan bijaksana dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru perlu memilih media yang relevan, menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan siswa, dan mengintegrasikannya dengan baik dalam rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui pengunaan media pembalajaran proyektor dalam Pendidikan karakter Hasil dari penilitian yang dilakukan di Lembaga Pendidikan MI Adda’wah yaitu penggunaan media pembelajaran proyektor (audio visual) tidak begitu mempengaruhi karakter siswa kelas VI karena Sebagian siswa menganggap itu hanya rangkain dari pembelajaran. Dan karakter beberapa siswa tidak sesuai dengan indikator keberhasilan Pendidikan karakter.   Adapun kekurangan dari para guru dalam menggunakan media pembelajaran proyektor bisa diperbaiki dengan pemahaman Kembali oleh para guru tentang penggunaan media pembelajaran.

References

Nurachadijat Kun (2023) Sistem Pendidikan Karakter Sosial Santri Ditinjau dari Perspektif Perilaku Manusia dalam Organisasi, Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam (7)

Apriliany Lenny, Hermiati (2021) PERAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI

PEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER

https://www.kompasiana.com/nenden20850/61a5d87706310e08892b6852/penggunaan-media-lcd-proyektor-dalam-pembelajaran

https://www.kompasiana.com/fahimatululumiah23/66659ea5ed641528c45c0c82/media-pendidikan-karakter-pada-sekolah-dasar

Haryanto. 2015. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press https://www.padamu.net/penggunaan-teknologi-dalam-pembelajaran

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013), 74-76.Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum (zonareferensi.com) Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yang Efektif (kauri.id)

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA-SISWI KELAS VI DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH ADDA’WAH PARUNGKUDA. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 463-470. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/67

Similar Articles

1-10 of 91

You may also start an advanced similarity search for this article.