PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENERAPAN ANBK DI MIS DAARUSSA’ADAH
Keywords:
ANBK, Revolusi Industri, Lembaga PendidikanAbstract
ANBK merupakan suatu sistem penilaian yang menggunakan teknologi komputer untuk menilai kemampuan belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengakses dan meninjau materi pembelajaran mereka secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini memungkinkan untuk memahami dan menjelaskan kompleksitas yang mendalam melalui pengumpulan dan analisis penjelasan dan interpretasi. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi kualitatif, wawancara mendalam dan tinjauan pustaka. Observasi partisipatif dan wawancara mendalam terhadap guru dilakukan. Dengan pendekatan positif tersebut, diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penerapan ANBK di sekolah MI dan dampaknya terhadap penelitian pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam ANBK juga membantu guru untuk beradaptasi dan meningkatkan lingkungan pengajarannya. Ini meningkatkan motivasi siswa, motivasi, dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Pemanfaatan teknologi di ANBK juga meningkatkan lingkungan belajar, mendorong diskusi dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Hal ini juga membantu menjaga konsistensi antara penggunaan teknologi dan interaksi kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami dan menjelaskan fenomena kompleks melalui pengumpulan dan analisis data. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Pendidikan Komputerisasi Nasional (ANBK) di sekolah dan dampaknya terhadap penilaian pendidikan. Penelitian menunjukkan bahwa terlepas dari sistem pendidikan tradisional, penggunaan komputer di sekolah memberikan pengalaman belajar yang penting dan sosial, memotivasi guru dan meningkatkan kinerja siswa. lain itu, survei nasional juga berupaya menilai kinerja sekolah/madarasah. Tidak hanya itu, Asesmen Nasional juga untuk mengevaluasi kinerja suatu sekolah/madrasah yang nantinya akan menghasilkan informasi terkait dengan kualitas pembelajaran. Hasil tersebut menjadi bahan untuk perbaikan terhadap kompetensi dan karakter yang dimiliki oleh peserta didik
References
Choly, Y. M.(2020). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Departemen Pendidikan dan Pelatihan, 6.
Darujatin Wenang Manguni (2022) Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman Vol. 22No. 1Tahun 2022. https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/11717/4689
Fadilah, D., & Hayati, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Penggerak SDN 3 Pringgasela Selatan. 8(2), 252-264.
HASBUNA-JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAMVOL.1 N0.1, AGUSTUS202221
Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI) Vol.1, No.3 September 2023
https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/download/412/193
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/623/458
Jurnal Papeda, 3(2), 76-85. Pusat Asesmen Pendidikan. (2022). Petunjuk Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2022. Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi
SA Aziz, K Nurachadijat Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 3 (2), 67-74
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulia Sanica Popy, Ana Khoerul fadillah, Kun Nurachadihat (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.