MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA)
Keywords:
Manajemen, Kuangan dan SekolahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan yang mandiri dan professional. Banyaknya sumber keuangan sekolah yang diperoleh, baik dari sumber pemerintah berupa bantuan operasional sekolah, hibah, block grand dan bantuan lainnya serta keuangan dari masyarakat atau Lembaga pemerhati Pendidikan. Didalam pengelolaanya agar terencana, optimalisasi serta pelaporan dan transparansi keuangan harus dikelola dengan baik, professional, transparan dan akuntabel. Di Sekolah Dasar Plus Al-Muhajirin Purwakarta telah memiliki sumber keuangan yang mempuni baik dari pemerintah serta dari Masyarakat, maka penulis dalam penelitian ini menggali tiga hal dalam pengelolaan keuangannya yaitu mengenai perencanaan keuangan, optimaliasi keuangan dan optimalisasi keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek pelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Plus Al-Muhajirin Purwakarta Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah dan Bendahara sekolah.Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah tterhadap proses perencaan keuangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah sesuai dengan standar minimal pembuatan sebuah perencanaan keuangan dimana mengacu pada dasar aturan untuk selanjutnya dijabarkan melalui sebuah rencana keaarja yang nantinya akan dieksekusi bersama oleh oihak yang berkepentingan. (2) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah terhadap proses serapan keangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah memenuhi aspek kaidah serapan keuangan dimana pihak sekolah telah membuat alur dan sistem yang baik dalam mencairkan dana keuangan. Selain itu pihak sekolah sudah menentukan aturan skala prioritas yang baik dengan prinsip keadilan dan kebermanfaatan. (3) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah terhadap pelaporan keuangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah berjalan baik dimana sekolah melalui pihak yang berwenang dan terkait membuat laporan penggunaan keuangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing secara transparan dan akuntabel.
References
Aan Komariah. 2010. 1 Leadership and Strategic Management in Education Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Barnawi. 2014. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiwobowo, Satridjo. 2019. “Manajemen Pendidikan.” Manajemen 1.
Dadan Suhardan. 2001. “Organisasi Dan Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pengantar Pengelolaan Pendidikan.” Administrasi Pendidikan UPI 1.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Latifa. 2021. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Dua Satria Offset.
Lexy J Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.
Masditau. 2017. “Manajemn Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu.” Poltekpar Ansiru 1.
Nanang Fatah. 2002. Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusydi Ananda. 2017. Manajemen Sarana Dan Prasaranan Pendidikan. Medan: Cv. Widya Puspita.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karya Karya (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.