MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA)

Authors

  • Karya Karya Universitas KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto Author

Keywords:

Manajemen, Kuangan dan Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan yang mandiri dan professional. Banyaknya sumber keuangan sekolah yang diperoleh, baik dari sumber pemerintah berupa bantuan operasional sekolah, hibah, block grand dan bantuan lainnya serta keuangan dari masyarakat atau Lembaga pemerhati Pendidikan. Didalam pengelolaanya agar terencana, optimalisasi serta pelaporan dan  transparansi keuangan harus dikelola dengan baik, professional, transparan dan akuntabel. Di Sekolah Dasar Plus Al-Muhajirin Purwakarta telah memiliki sumber keuangan yang mempuni baik dari pemerintah serta dari Masyarakat, maka penulis dalam penelitian ini menggali tiga hal dalam pengelolaan keuangannya yaitu mengenai perencanaan keuangan, optimaliasi keuangan dan optimalisasi keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek pelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Plus Al-Muhajirin Purwakarta Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah dan Bendahara sekolah.Tekhnik analisis yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan  kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah  triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah tterhadap proses perencaan keuangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah sesuai dengan standar minimal pembuatan sebuah perencanaan keuangan dimana mengacu pada dasar aturan untuk selanjutnya dijabarkan melalui sebuah rencana keaarja yang nantinya akan dieksekusi bersama oleh oihak yang berkepentingan. (2) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah terhadap proses serapan keangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah memenuhi aspek kaidah serapan keuangan dimana pihak sekolah telah membuat alur dan sistem yang baik dalam mencairkan dana keuangan. Selain itu pihak sekolah sudah menentukan aturan skala prioritas yang baik dengan prinsip keadilan dan kebermanfaatan. (3) Manajemen Keuangan Kepala Sekolah terhadap pelaporan keuangan SD Plus Al Muhajirin secara umum telah berjalan baik dimana sekolah melalui pihak yang berwenang dan terkait membuat laporan penggunaan keuangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing secara transparan dan akuntabel.

References

Aan Komariah. 2010. 1 Leadership and Strategic Management in Education Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Barnawi. 2014. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiwobowo, Satridjo. 2019. “Manajemen Pendidikan.” Manajemen 1.

Dadan Suhardan. 2001. “Organisasi Dan Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pengantar Pengelolaan Pendidikan.” Administrasi Pendidikan UPI 1.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Latifa. 2021. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Dua Satria Offset.

Lexy J Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.

Masditau. 2017. “Manajemn Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu.” Poltekpar Ansiru 1.

Nanang Fatah. 2002. Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusydi Ananda. 2017. Manajemen Sarana Dan Prasaranan Pendidikan. Medan: Cv. Widya Puspita.

Downloads

Published

2025-01-15

How to Cite

MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA). (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(01), 311-323. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/190

Similar Articles

1-10 of 169

You may also start an advanced similarity search for this article.