LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP DAN NILAI SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Lingkungan Sosial, Sumber Belajar, Sikap dan Nilai SosialAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek kompetensi afektif. Masih rendahnya kemampuan guru dalam mengembangkan sikap dan nilai sosial ini disebabkan belum memaksimalkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran, sehingga kurang menarik siswa dalam mempelajari sikap dan nilai sosial terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini punya tujuan dalam pendeskripsian menerapkan sikap dan nilai sosial siswa terhadap lingkungan sosial kelas V SD. Penelitian ini berjenis kualitatif. Populasi yang dipilih ialah seluruh siswa kelas V-A sebanyak 26 siswa SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar wawancara guru dengan 10 pertanyaan dan lembar angket siswa sebanyak 10 pertanyaan. Pengkajian penelitian dihasilkan dari berbantuan data hasil angket siswa dari 26 siswa yang telah mengerjakan lembar angket lingkungan sosial sebagai sumber belajar dalam upaya mengembangkan sikap dan nilai sosial kelas V-A sekolah dasar diperoleh kesimpulan dari angket tersebut mendapatkan kriteria Setuju. Dari hasil wawancara guru menyuguhkan penganalisisan data yang didapat dari hasil penelitian lapangan bahwasanya Lingkungan Sosial menjadi Sumber Belajar untuk Upaya Mengembangkan Sikap dan Nilai Sosial Kelas V Sekolah Dasar sudah terealisasikan melalui lingkungan sosial primer dalam proses pembelajaran lingkungan sosial berjenis ini tertanda melalui interaksi dan bekerja sama bersifat fundamental untuk pembentukan struktur mendasar dan gagasan sosial bagi individu dengan lebih dalam yang sudah diterapkan pada proses pembelajaran.
References
Akuba, M. (2023). KONSEP PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS di SEKOLAH DASAR. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 2126. https://doi.org/10.59211/mjpjetl.v1i1.13
Anisah, A. S. (1907). Pendekatan Pembelajaran Analisis Nilai untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 18.
Bintarini, N. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2013). Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167
Febbrian, H., & Febrianti, N. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VI melalui Pembelajaran Tema 2 ( Persatuan dalam Perbedaan ). 06(01), 503517.
Ganesha, U. P. (2020). Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran ips. 4(1), 815. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164
Gintara, Y. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMAN 108 JAKARTA SELATAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) SYARIF HIDAYATULLAH.
Khanifah, S., Pukan, K. K., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology EducationJ.Biol.Educ. Unnes Journal of Biology Education, 1(11), 6673. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Monika, S., Sauhenda, A. F., Marnina, M., & Tarigan, D. (2023). Nilai-Nilai Sosial dalam Ulelean Parena Toraya (Cerita Rakyat Toraja) Kisah Polopadang Karya Junus Bunga Lebang: Tinjauan Sosiologi Sastra. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 71. https://doi.org/10.29300/disastra.v5i1.7190
Ngurah Santika, I. G., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 1427. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6488
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. 7(1), 6672.
Rachmadyanti, P. (2017). Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201-214. Jpsd, 3(2), 201214.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194205.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369377.
Yunitasari, D. (2019). Strategi Promosi Jasa Pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo. Etheses.Iainponorogo, 1188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwit Tri Ambarwati, Arif Mahya Fanny (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.