ANALISIS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMAN 1 KABANDUNGAN
Keywords:
Revolusi industri, kemajuan teknologi, integrasiAbstract
Penelitian ini membahas analisis pengembangan pendidikan era revolusi industri 4.0 di SMAN 1 Kabandungan, Sukabumi. Penelitian ini bertujuan dapat mencakup pemahaman lebih dalam terkait efektivitas metode pengajaran, penerapan teknologi dalam pembelajaran, adaptasi kurikulum untuk memenuhi kebutuhan industri, serta identifikasi hambatan dan peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan era revolusi industri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melibatkan guru sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak revolusi industri, terutama dalam hal kemajuan teknologi, memberikan tantangan besar bagi guru untuk beradaptasi. Inovasi, seperti integrasi materi ke dalam media sosial dan pemanfaatan teknologi, diperlukan untuk mempertahankan minat dan keterlibatan siswa. Namun, ada kekhawatiran terkait kurangnya minat baca, konsentrasi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, yang dapat diatasi dengan tugas yang sesuai dengan minat siswa. Di perkampungan, terdapat kesenjangan dalam pemahaman teknologi, analisis data, dan pemrograman, disertai dengan kendala infrastruktur dan kesadaran yang kurang dari orang tua.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Brown, M., Conole, G., & Beblavy, M. (2019). Education outcomes enhanced by the use of digital technology : reimagining the school learning ecology. https://doi.org/10.2766/965566
Halili, S. H. (2013). THE ONLINE JOURNAL OF DISTANCE EDUCATION AND E-LEARNING. www.tojdel.net
Hani, R., & Richardus, E. I. (2021). Guru Milenial dan Tantangan Society 5.0. Andi.
Hasbullah, M. (2015). Kebijakan Pendidikan : Dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objektif di Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Hassan A S, W. W. (2020). Students’ Readiness In Facing Industrial Revolution 4.0 Among Students Of Technical Teacher’s Education. www.ijstr.org
Hermann, M., Otto, B., & Pentek, T. *. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29269.22248
King, F. J., Goodoson, L., & Rohani, F. (1998). Higher Order Thinking Skills. Dalam Center for Advancement of Learning and Assassment.
Puncreobutr, V. (2016). Education 4.0: New Challenge of Learning. Journal of Humanities and Social Sciences.
Reksoatmodjo, T. N. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Refika Aditama.
Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V10I1.29347
Sugiarto, S. (2019). KESIAPAN KEPALA MADRASAH ALIYAH SWASTRA MENYELENGARAKAN PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KABUPATEN SUMBAWA BESAR. Jurnal Kependidikan, 4(1), 37–45. https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/14
Susanti, E., Maulidah, R. A., & Makiyah, Y. S. (2019). Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0. Diffraction : Journal for Physics Education and Applied Physics, 1.
Yuliati, Y., Saputra, D. S., Publikasi, M., Bidang, P., & Dasar, P. (2019). PEMBELAJARAN SAINS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 167. https://doi.org/10.31949/JCP.V5I2.1389
K Nurachadijat, D Fikruzzaman, H Ankesa, 2023. Human Concepts In The Perspective of Islamic Educational Philosophy
Syamsuar , Reflianto, 2018. PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
FM Aziz, K Nurachadijat - Ta'rim, 2023. Pengaruh Kolaborasi Thinking Learning Dan Tekateki Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Di SMPIT At Taisiriyah Sukabumi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila Defika, Kun Nurachadijat, Saila Paroh, Nanda Alya Agustina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.