IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM BAGI ANAK USIA DINI
Keywords:
Implementasi Pembelajaran, Berbasis Alam, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) kemampuan kognitif anak (2) penggunaan media pembelajaran berbasis alam (3) dampak penggunaan media pembelajaran berbasis alam terhadap pengembangan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak, pendidik, pengelola dan orangtua anak. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis alam mempunyai dampak sangat baik ditunjukkan dengan kemampuan kognitif anak yang mengalami perkembangan yang sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran berbasis alam ini sangat penting diajarkan pada anak khususnya taman kanak – kanak. Pembelajaran dengan bahan – bahan dari alam sangat menarik perhatian dan minat belajar anak. Pembelajaran ini juga sangat mendukung perkembangan karakter anak dan menjauhkan anak dari sifat kejenuhan dalam belajar.
References
Bogdan dan Biklen. (2010). J.Moleong, Lexy.1989. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Dzurrotul Kamelia. (2020). Pengembangan KurikulumPAUD Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.02 No.01. Juni 2020.
Hapidin, (2016). Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Marshall, C (1995). Designing Qualitatif Researsh,Second Edition. London Sage Publications, International and Profesional Publiser.
Miles dan Huberman. (1992). AnalisaData Kualitatif. UI Press Jakarta Nasir, 2008. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia. Bandung.
Moleong, Lexy. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mukoramah Luluk, 2022. PembelajaranBerbasis Alam dalammembentuk karakter anak usia dini (Studi analisis di TK Jogja School) Jurnal Pendidikan anak usia dini Vol.1 No2 Juni 2020.
Nadila, Khaerunnisa. (2022). Asesmem Autentik dilembaga PAUD pada era revolusi 4.0. Jurnal Family Education Vol.2., No.4.
Ratna Fitriani Sari, Kholissussa. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B Di TK Doruttaqwa Srigangga Kecamatan Praya. Jurnal Transformasi Volume 9 Nomor 1 Edisi Maret 2022.
Sugiyono. (2012). “Memahami penelitian kualitatif”.Alfabeta.hal.308. Undang-undang Nomor 20 tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
William,Wiersma. (1986). Reseaarch Methods in Education: An Introduction. Massasuchet:Allyn and Bacon Inc.
Zofia Rizki Julianti. (2022). Pemikuran Eksistensialismepada PAUD (Kajian Studi Pembelajaran Berbasis Alam). Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Vol.4 nomor1 Januari 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jumriah Jumriah, Rusmayadi Rusmayadi, Muhammad Akil Musi, Syamsuardi Syamsuardi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.