MENUMBUHKAN KETERAMPILAN LITERASI DAN SAINS DALAM PEMEBELAJARAN IPA TENENTANG ENERGI LISTRIK DI SDK PAUPIRE
Keywords:
Energi Listrik, Pembelajaran IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan literasi dan sains siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada materi Energi Listrik di SD Paupire. Literasi sains menjadi salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan sejak dini guna membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan memahami fenomena alam di sekitar mereka.Pentingnya literasi sains berkaitan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan keterampilan berpikirnya secara ilmiah dan menerapkan.Teknik analisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan kriteria skor, sedangkan uji coba lapangan menggunakan praeksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data keterampilan literasi sains diukur menggunakan uji Wilcoxon dan gain ternormalisasi.
References
Kemendikbud. (2021). Panduan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): Student Performance in Mathematics, Reading and Science. OECD Publishing.
Rahayu, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Eksperimen terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 115–125. https://doi.org/10.21009/jpdi.072.05
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, S. (2020). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 23–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohana Katarina Ji, Veronika Peni Kwure, Yohanes Sewa (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.