MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKTIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SDN ROJA 1
Keywords:
Pembelajaran kooperatif, media pembelajaran, keterlibatan siswa, hasil belajar, IPAAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk menginvestasi penerapan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran IPA kelas IV SDN Roja 1, Kab. Ende. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan II siklus. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah materi Energi pada mata pelajaran IPA. Data dikumpulkan melalui hasil penilaian dari tes yang dilakukan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berpengaruh positif terhadapat peningkatan aktif siswa pada pembelajaran IPA. Pada penelitian ini juga menggunakan media pembelajaran yang efektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam proses peningkatan pemahaman siswa. Hasilnya seluruh siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar mereka
References
Abd Rahman BP1. (2022). PENGERTIAN_PENDIDIKAN_ILMU_PENDIDIKAN_DA. 2.
Febiyanti, H. (2024). VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. JPGMI, 10(1), 24.
Kamila, N., & Julianto, J. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD mata pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44554
Lesmana, W., Sutisnawati, A., & Maulana, L. H. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1308–1305. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5671
M. Miftah Arief. (2021). media pembelajaran ipa di sd. Media Pembelajaran Ipa Di Sd, 5.
Nurfadilah, E., & Yusri, M. A. K. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SDN Cupak. Journal of Pedagogy and Online Learning. Journal of Pedagogy and Online Learning. Retrieved from https://jpol.ppj.unp.ac.id/index.php/jpol/article/view/24
Piska, Andira, A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. 11, 2022.
Setyarini, E. H., Mudiono, A., & Utama, C. (2022). ANALISIS PENTINGNYA MEDIA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. In Analisis Pentingnya Media Dalam Pembelajaran…-205 JIGE (Vol. 3, Issue 2).
Try, F., & Utomo, S. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. 08.
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Aisa Sombo, Lusia Fransiska Meo, Antonia Felincia Dua (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.