PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDI ROJA 1

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores Author
  • Nensiana Bunda Sombo Universitas Flores Author
  • Siti Nufaizah Universitas Flores Author

Keywords:

Media belajar, interaktif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VI SDI Roja 1 melalui penerapan media audiovisual interaktif dalam pembelajaran materi sistem tata surya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan satu siklus, dimulai dari observasi awal yang menunjukkan rendahnya partisipasi dan pemahaman siswa akibat metode ceramah konvensional. Penggunaan media audiovisual berupa video animasi dan simulasi interaktif berhasil memicu antusiasme siswa, meningkatkan keaktifan bertanya, serta memperbaiki hasil belajar secara signifikan. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 47,3 menjadi 84, dan tingkat kelulusan mencapai 93,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif dalam memfasilitasi pembelajaran konsep abstrak seperti sistem tata surya, sekaligus meningkatkan motivasi dan hasil akademik siswa.

References

Aulia, W. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI TATA SURYA KELAS VI SEKOLAH DASAR.

Fredimento, A., Muga, R., & Bito, G. S. (2024). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3393

Insani Firdos, I., Permatasari, I., & Rahmawati, M. (n.d.). Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022) SHEs: Conference Series 6 (1) (2023) 33-38 Peranan Teknologi Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., Studi Pendidikan IPA, P., Lambung Mangkurat Jl Brigjend Hasan Basri, U., Banjarmasin Utara, K., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP (Vol. 1, Issue 3).

Najib, M., Syawaluddin, A., Raihan, S., & Abstrak, A. I. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SD (Vol. 1, Issue 1). http://www.jurnal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek

Nomleni, F. T., Sarlotha, T., & Manu, N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Pendidikan dan Kesehatan EDUCARE, J., Pendidikan dan Kesehatan Lembaga Penelitian Dan Publikasi Ilmiah Yayasan Almahmudi Bin Dahlan, J., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, N. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SD.

Rasyid Karo-Karo, I. S., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDI ROJA 1. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 714-720. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/241

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 180

You may also start an advanced similarity search for this article.