PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 DI MIS FATIMIYAH ENDE
Keywords:
video pembelajaran interaktif, minat belajar, hasil belajar, siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 5 sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas 5 di Mis Fatimiyah. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat belajar, tes hasil belajar, wawancara serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif yang memadukan unsur visual, audio, dan animasi mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan keterlibatan aktif dalam proses belajar, serta berdampak positif pada peningkatan hasil belajar. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru lebih memanfaatkan media interaktif sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna.
References
Ali, A., Fenica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISED, 3(1), 1–6.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Didik Prawira Putra, I. P., Manu Okta Priantini, D. A. M., & Astra Winaya, I. M. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344
Marliani, L. P. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMU PENDIDIKAN DAN PSIKOLOGI, 1(2).
Nisa’, R., & Fatmawati, E. (2020). KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Https://Journal.Stitaf.Ac.Id/Index.Php/Ibtida, 1. https://doi.org/10.37850/ibtida
Nursella. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. EDUCARE( JURNAL PENDIDIKAN DAN KESEHATAN).
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 4. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Sholihah, A., Warsiman, W., & Arista, H. D. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Teks Artikel. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 95–105. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5057
Yunita, V., Sumani, & Muryatmi. (2023). PENGGUNAAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETTION (AIR) DIDUKUNG MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASSIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 WATES TAHUN PELAJARAN 2022/2023. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Rose Dorocher Katarina Puka, Rosalina Mene, Quetdveltedeus Maryo Labhu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.