PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERPINDAHAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDI TETANDARA
Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, Perpindahan KalorAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perpindahan kalor melalui model pembelajaran discovery learning. Peneltian ini dilaksanakan pada saat pembelajaran ipa di kelas dengan langkah-langkah yaitu: pendekatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SDI Tetandara kelas v dengan jumlah siswa 15 orang, terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklus yaitu (1) hasil observasi aktivitas guru siklus I berkategori baik dengan persentase 73,12%, siklus II berkategori baik sekali dengan persentase 89,76%. (2) hasil observasi aktivitas siswa siklus I berkategori baik dengan persentase 69,83%, siklus II berkategori baik sekali dengan persentase 92,24%. (3) hasil belajar siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 66,08 dengan persentase ketuntasan 43%, siklus II nilai rata-rata 89,56 dengan persentase ketuntasan 87%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Cv Yrama Widyia
Djamaluddin, A dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan. CV. Kaaffah Learning Center.
Hanim, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTsN Sabang Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning. Lantanida Journal, 7(2), 101-193.
Kalena, J, B., & Wardani, D,S., (2021). Model Pembelajarn IPA SD. Cirebon. Perum Garuda Kartika Plumbon.
Priansa, D, J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembalajaran. Bandung Cv. Pustaka Setia Riyanto, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil
Belajar Tentang Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Siswa Kelas 5 Semester 2 SDN 2 Mojoreno Sidoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2 (4), 517-529.
Ritonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (02), 195-207.
Salahudin, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV Pustaka Setia.
Sispariyanto, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 5 (2), 87-93.
Taniredja, T., Irma, P., & nyata. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Susi Rendo, Maria agustina ona , Konstantinus juma, Adi Neneng Abdullah, Maria Ludtinia Bupu Meo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.