PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKN 3 GOWA
Keywords:
project based learning, Hasil Belajar, differential, Pembelajaran VokasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Gowa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek berjumlah 66 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelompok eksperimen (34 siswa) yang belajar menggunakan Project Based Learning dan kelompok kontrol (32 siswa) yang menerima pembelajaran metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang diberikan pada tahap pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukkan kemampuan awal kedua kelas relatif sama dan sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil posttest menunjukkan peningkatan pada kedua kelas, namun kelas eksperimen memperoleh rata-rata lebih tinggi yaitu 85,91 dibandingkan kelas kontrol sebesar 80,66. Ketuntasan belajar pada kelas eksperimen mencapai 91% dan kelas kontrol 81%. Nilai sig. 0,040 < 0,05 menunjukkan Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Pradana, D., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu, 02(01), 59-67.
Aziz, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 67-74.
Dakhi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Disastra, D. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 55-66.
Fitri, H., Dasna, W., & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201-212.
Hadijah, Setiadi, D., & Merta, W. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2222 – 2228.
Hakim , L. (2025, Februari 9). Quasi Eksperimen: Pengertian, Cara Menentukan dan Contoh Penelitian. Retrieved February 9, 2025, from deepublishstore: https://deepublishstore.com/blog/quasi-eksperimen/?srsltid=AfmBOoo9qk4hIJg5n4_QLiQll3GSvJQYnB6lB_twmP2WcelOt4Q6EFEj
Hanafy, M. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 43-54.
Mabruroh, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28-35.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149-160.
Pane, A., & Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Putri, A. I., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(3), 459 - 463.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismail Rahim, Wabdillah Wabdillah, Aiman Banne Tiranda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





