METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEGIATAN EKONOMI DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Metode Outdoor Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kegiatan EkonomiAbstract
Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi masih tergolong rendah karena siswa memiliki keterbatasan saat belajar di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah metode outdoor learning. Tujuan penelitian ini, (1) Mengetahui pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi, (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan modul ajar, (3) Mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran outdoor learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah kelas V C sebanyak 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian, (1) Terdapat pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi, (2) Modul ajar sudah terlaksana sangat baik dengan persentase 93%, (3) Respon siswa terhadap pembelajaran outdoor learning adalah senang, tertarik, dan mendukung dengan persentase 80%.
References
Aida, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VI SD dengan Teknik Index Card Match.
(4), 173–179.
Ariani, Nurlina; Masruro, Zulaini; Saragih, Siti Zahara; Hasibuan, Rosmidah; Simamora, S. S. T. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran (Vol. 5, Issue 3). https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. Ermawati, T. U. ;, & Arisona, R. D. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Dalam
Bentuk Field Work Pada Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Smp. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 31–48. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.41
Hapsari, L. A., Henya, A. P., & Paidi, P. (2021). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Outdoor Learning. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(2), 104. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4070
Izzati, H. (2023). Implementasi Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index
Karadağ, Filiz & Yıldız, D. (2018). The Effectiveness of The Philosophy with Children Curriculum on Critical Thinking Skills of Pre-School Children.
Kemendikbudristek. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd- sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Muharam, D. A. M., Munandar, A., & Sriyati, S. (2019). Utilization of the school environment as a learning resource to improve critical thinking skills and scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032003
Oktaviarini, N., & Jadmiko, R. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Ips Dalam Penerapan Character Project Citizen (Cpc) Berbasis Outdoor Study (Studi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Inventa, 2(2), 26–36. https://doi.org/10.36456/inventa.2.2.a1646
Priadana, Sidik; Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Putri, C. S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental di Sekolah Menengah Atas di Bandung. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 68–77. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.113
Rohman, A. A. N., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2020). The Influence of outdoor learning models on critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032093
Roiyanita, Azarinatur; Bahtiar, R. S. (2023). Kajian Literatur Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Untuk Belajar Aktif Dan Mandiri Di Tingkat Sekolah Dasar. ELEMENTA: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 54–71. https://doi.org/10.33654/pgsd
Satriawan, M; Rosmiati; Saputra, O; Habibbulloh, M. (2022). Improving Critical Thinking Skills (CTS) of Students Through Wave Energy Learning Project (WELP) on Environmental Physics Lecture. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/2392/1/012038
Susanti; Puspitasari, Ratna; Puspitasari, E. (2023). Penggunaan Outdoor Learning dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Salafiyah Cirebon. JSP: JURNAL SOCIAL PEDAGOGY (Journal of Social Science Education), 4(1), 1–14. https://e- journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/6847%0Ahttps://e- journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/download/6847/3276
Syamsiah, S., Arsal, A. F., & Arifin, A. N. (2021). Analisis Hubungan antara Respon dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 206.
https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021
Syaparuddin; Meldianus; Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggita Dewi Ilma Wulansari, Rosmiati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.