PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH PIPITAN

Authors

  • Indah Rahmawati Universitas Bina Bangsa Author
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa Author
  • Ratu Khoirotun Nisa Universitas Bina Bangsa Author

Keywords:

Aplikasi GeoGebra, Kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar siswa, Model pembelajaran Probel Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki apakah, dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional, keterampilan pemecahan masalah matematika siswa meningkat ketika mereka menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan bantuan program GeoGebra. Dengan menggunakan teknik penelitian yang dikenal dengan nama nonequivalent posttest control group, penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pipitan. Sampel dikumpulkan dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 22 siswa: VIII-D (kelompok kontrol) dan VIII-E (kelompok eksperimen). Hal ini dilakukan dengan menggunakan strategi purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket kemandirian belajar dan ujian esai sebanyak 5 soal untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Uji homogenitas dan normalitas data serta uji t dan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menguji data. Nilai thitung yang lebih kecil dari ttabel diperoleh pada uji independen sampel t-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, sehingga menghasilkan penolakan H0 dan penerimaan H1. Selain itu, analisis kemandirian belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 87%, memenuhi kriteria sangat kuat.

References

Ajun. A. p. (2013). Development Of Long And Square Learning Devices With A Realistic Mathematical Approach Based On Bruner Theory For Student Classy Vii Smp Negeri 1 Palopo. Jurnal Daya Matematis, Volume 1 No. 1 Juli 2013

Amalia. S. R., Dkk. (2020). Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Dan Model Realistic Mathematics Education Terhadap Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Elemen.

Fasa. I.R., Dkk (2020). peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika

Flood. R. (2013). The Queen of Mathematics

Halimatussakdiah, Fadila (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra Versi Android Pada Materi Program Linear Di Kelas XI SMA. Other thesis, Universitas Islam Riau.

Komariah. K. (2013). (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik. Anzdoc.

Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Nurhidayah. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan strategi polya pada model pembelajaran problem based learning berbasis hands on activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-236.

Priskila, V., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada siswa kelas XI SMA negeri X Tulungagung dengan sistem full day school. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).

Saefuddin, Asep dkk. (2009). Statistika Dasar. Jakarta:Grasio

Silallahi. NA. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 7 Medan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Sutrisno. S., dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH PIPITAN. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 224-232. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/28

Similar Articles

1-10 of 117

You may also start an advanced similarity search for this article.