PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Multimedia Interaktif, Kemampuan Kolaborasi, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multimedia interaktif berpengaruh terhadap kemampuan kolaborasi siswa pada pembelajaran Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Partisipan penelitian adalah kelas IV dengan jumlah responden siswa sebanyak 40 orang. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dengan tingkat signifikansi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test menunjukkan bahwa h0 ditolak dan ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan kolaborasi siswa pada pendidikan Pancasila di sekolah dasar.
References
A’yun, Q. (2021). Analisis tingkat literasi digital dan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271- 290.
Afandi, M., Wahyuningsih, S., Yustiana, S., Kusumadewi, R. F., & Rachmadtullah, R. (2023). Correlation of Work Discipline and Pedagogical Competence to Teaching Performance in Elementary Teacher. International Journal of Instruction, 16(4).
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint vba pada penyajian data berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 17-31.
Ariyanti, D. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Jurnal Education and development, 8(2), 381-381.
Daud, A. (2016). Impelementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 5(01), 250367.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90-97.
Dewi, I. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KECAMATAN BANGLI (Doctoral
dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Diputra, I. M. Y., & Sujana, I. W. (2023). Multimedia Interaktif Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).
Erwin. V Ariani, and Yarmis S. "Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 3.3 (2019): 901-908.
Hidayat, O. S., & Soleh, D. A. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Media Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint pada Pembelajaran PPKn di SD Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi Jawa Barat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 100- 105.
Indrawan, F. Y., Irawan, E., Sayekti, T., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas metode pembelajaran jigsaw daring dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 259-268.
Islamiyah, N., Tolla, A., & Akbar, A. (2023). Penerapan Metode Kolaborasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 11(4), 464-472.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.
Marita, B., Jamaluddin, J., & Rasmi, D. A. C. (2023). Hubungan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMAN di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1850-1858.
Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto. B. N "Bahan ajar berbasis problem based learning pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa." UPEJ Unnes Physics Education Journal 8.2 (2019): 208-218.
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Rasmitadila, R., & Syamsi, A. (2024). Teacher Perceptions in Implementing Religious Character Education in Elementary Schools. KnE Social Sciences, 139-147.
Rachmadtullah, R., Pramujiono, A., Setiawan, B., & Srinarwati, D. R. (2022). Teacher's Perception of the Integration of Science Technology Society (STS) into Learning at Elementary School. KnE Social Sciences, 202-209.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). Elementary school teachers’ perceptions of the potential of metaverse technology as a transformation of interactive learning media in Indonesia. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(1), 128-136.
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Wasesa, A. J. A., & Wicaksono, J. W. (2023). The Utilization of Metaverse Technology Applications Based on Science, Technology, Engineering and Mathematics (Meta-STEM) to Improve Critical Thinking Skills. Journal of Education and e-Learning Research, 10(4), 778-784.
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178-195.
Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Nurtanto, M., & Jauhari, M. N. (2023). Limited face-to-face learning on students in inclusive classrooms during the Covid-19 pandemic: Perceptions of elementary school teachers in Indonesia. Cogent Education, 10(1), 2213612.
Raspati, M. I., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik: The Development Of Interactive Multimedia Using Powerpoint In Thematic Learning. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46-59..
Reza, R., Bramianto, S., Andarmadi, J. A. W., Jatu Wahyu, W., & Rasmitadila, R. The utilization of metaverse technology applications based on science, technology, engineering and mathematics (Meta-STEM) to improve critical thinking skills. Journal of Education and e-Learning Research.
Rohana, S., Irianto, A., & Rachmadtullah, R. (2023). Project Based Learning Model on Critical Thinking Ability Seen from Cognitive Style in Elementary Schools. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 24-34.
Ruhmawati, S. I., Pramasdyahsari, A. S., Siswanto, J., & Handayaningsi, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa pada Materi Pendidikan Pancasila melalui Model PJBL Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16256-16264.
Saeful, K. S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 189- 195.
Salsidu, S. Z., Azman, M. N. A., & Pratama, H. (2018). Trend pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dalam bidang pendidikan teknikal: Satu sorotan literatur. Sains Humanika, 10(3).
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Farid, D. A. M., Sugandi, E., & Iasha, V. (2023). Augmented Reality as Learning Media: The Effect on Elementary School Students' Science
Processability in Terms of Cognitive Style. Journal of Higher Education Theory & Practice, 23(10).
Siregar, L., & Harahap, R. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 10 Torgamba. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(2), 211-216.
Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566-4571.
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298-305.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devi Ari Pratiwi, Reza Rachmadtullah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.