PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD: MENYELARASKAN KURIKULUM DENGAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar, Kurikulum, Kebutuhan Peserta Didik, InovasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara menyelaraskan kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan kebutuhan peserta didik melalui pendekatan kontekstual, inovasi pembelajaran, dan penguatan kompetensi guru. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dan analisis data empiris dari praktik pembelajaran di salah satu sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi materi Pendidikan Agama Islam dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik, penggunaan media pembelajaran yang interaktif, dan pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan peserta didik dapat meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap Pendidikan Agama Islam. Studi ini merekomendasikan pengembangan kurikulum yang lebih fleksibel, pelatihan guru secara berkelanjutan, serta keterlibatan orang tua dan komunitas dalam mendukung proses pembelajaran. Dengan demikian, kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan peserta didik di era modern.
References
Abubakar, Asnandar. 2019. “Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kurikulum SMP Islam Terpadu Al Fahmi Palu.” Al-Qalam 25(1):119–34.
Al-Faruq Saifillah, Shoffa, and Zulqarnain. 2021. Psikologi Pendidikan. deepublish.
Alvizar, Alvizar. 2023. “Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 4(2):115–30.
Astuti, Dini. 2023. “Tantangan Dan Peluang Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 3(7):137–49.
Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam Tradisi Dan Modrenisasi Menuju Mellinium Baru. Logos.
Jannah, Atiratul. 2023. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):2758–71.
Mappasere, Stambol A., and Naila Suyuti. 2019. “Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif.” Metode Penelitian Sosial 33.
Nisa, Fadhillah Izzatun, and Tasman Hamami. 2023. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9(3):1374–86.
Saniah, Siti, Fahrudin Fahrudin, and Risris Hari Nugraha. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bandung.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 14(1):32–41.
Siregar, Raja Lottung. 2015. “MADRASAH NIZHAMIYAH; EKSISTENSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN AKTIVITAS ORTODOKSI SUNNI.” Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 4(1):81–97.
WATI, TANTI LARAS. 2024. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN DIFERENSIASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN 41 DAN SDN 74 KOTA PAGAR ALAM SUMATERA SELATAN.” PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Yusuf, Sitti Astika, and Uswatun Khasanah. 2019. “Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian.” Metode Penelitian Ekonomi Syariah 80:1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizqiyul Azima, Asmaiwaty Arief, Rehani Rehani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.