ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM MENJADI KURIKULUM MERDEKA MELALUI INOVASI PENDIDIKAN DI SMPN 1 RANAH PESISIR
Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Inovasi PendidikanAbstract
Inovasi Pendidikan adalah konsep, kreasi, atau hasil karya baru di bidang Pendidikan yang dapat digunakan sebagai reformasi untuk menunjukkan tujuan atau mengatasi masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi inovasi yang digunakan oleh sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru dalam peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi kualittatif yang mengutamakan analisis deskriftif. Ketika melakukan penelitian, Teknik deskriftif bertujuan untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lapangan. wawancara peneliti mengungkapkan bahwa karena kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka sangat berbeda satu sama lain, maka dibutuhkan waktu yang lama untuk beralih di antara keduanya. Untuk menjalankan kurikulum Merdeka, sekolah harus menyiapkan program dan sumber daya yang efisien yang dapat digunakan oleh siswa agar dapat secara efektif di dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan efek menguntungkan pada pembelajaran siswa dari peralihan yang didorong oleh inovasi Pendidikan dari kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka.
References
Agustina, R., & Mustika, D. (2023). Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.540
Almasdi, S. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. In Rake Sarasin (Vol. 2, Issue 01).
Andini. (2023). Dinamika Peralihan pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan di Indonesia dan Implementasinya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2022, 910–915.
Aulia, A. S. (2023). Analisis Transformasi dari Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka di SDN Lidah Wetan IV. Sindiro Cendikia Pendidikan, 1(3). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Dewi, T. K. (2022). Problematika Peralihan Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Numerik Peserta Didik. Jurnal Bahusacca, 3(1), 1–4.
Eka, S., Setioyuliani, P., & Semarang. (2023). Permasalahan Kurikulum Merdeka dan Dampak Pergantian Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 157–162.
Fahira, W. R. (2022). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaan IPS di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 902–909.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.
Gede, D., Putra, A., Zogara, J. L., Kadek, N., & Purnama, S. (2023). Learning Community: Alternatif Solusi Peningkatan Pemahaman Guru Terhadap Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(2), 156–163.
Hamna, U., & Wulandari, S. (2024). Menganalisis Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri 3 Tambun. Jurnal Ilmu Pendidikan (Soko Guru), 4(1), 26–38.
Jayanti, U. N. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kendala dan Penanganannya dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(2).
Khalbi, N. P., Alvina, L., Setiawati, M., & Luthfiani, L. (2024). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Di MTSN 2 Solok Selatan. Khalbi, Putri Nur, 3(1).
Mabsutsah, N. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 205–213.
Maslihah. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Tantangan dan Kepuasan Bagi Guru PAI di SDN Serang 21 Kota Serang. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Muhammad, Z. (2023). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Agama Islam, 2(2), 142–161.
Nafisah, Syayidatum & Rasyid, H. (2023). Anaisis Peralihan Kurikulum K 13 ke Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPS di MTS. Nur Ilahi. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 8–14.
Qomariyah, N., & Maghfiroh. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Islamic Religion Education Conference I-Recon 2022, 10, 105–115.
Ramadhan, I. (1846). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. 4(4), 1846–1853.
Rawi, H. W., Adliya, S., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka pada siswa Sma melalui inovasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358.
Ringko, F. M., Pramesti, R., & Zasilaturrohmah, D. E. (2024). Manajemen transisi kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka di SD Negeri Pandeyan Yogyakarta. Indonesien Journal of Educational Managemen and Leardership, 02(01), 13–29.
Saputra, D. W. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Holistika Jurnal Ilmiah PSD, 6(1), 28–33.
Silvia, N., Syaharani, N., Parmaidia, R. A., Susilawati, T., Maryanah, V., Indonesia, P. B., Bandung, K., Barat, J., & Merdeka, K. (2024). TRANSFORMASI Kurikulum Merdeka: Perubahan dan Inovasi dalam Pendidikan Indonesia. Sindiro Cendikia Pendidikan, 2(10). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Sumartono. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Model Jigsaw Kelas XII SMK Negeri 4 Bondowoso. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(2), 138–146.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Tabri, Muhammad Kosim (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.