ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI UPT SPF SD NEGERI PERCONTOHAN PAM KOTA MAKASSAR
Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Deskriptif Kualitatif, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk Analisis Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di UPT SPF SDN Percontohan PAM Kota Makassar. Fokus penelitian ini yaitu karakteristik, kebaruan, dan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, data bersumber dari 3 orang informan, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurikulum Merdeka telah dilaksanakan secara efektif dan sesuai dengan rambu yang telah digariskan Kemendikbud seperti pembagian per fase, penyususnan modul ajar, pelaksanaan P5, KOSP dan pemanfaatan PMM. Pembelajaran berdiferensiasi telah dilaksanakan oleh Guru dengan menyesuaikan Konten, Proses, Produk dan Lingkungan Belajar, namun terdapat kendala yang dihadapi oleh Guru seperti kurangnya waktu dalam melayani setiap perbedaan individu, adanya modul ajar khusus yang memerlukan tambahan waktu penyusunan. Kendala tersebut dapat diatasi dengan dilaksanakannya ruang kolaborasi baik melalui rapat rutin dewan guru, KKG, dan pemanfaatan PMM serta pembelajaran berdiferensiasi dilaksanaan tidak setiap hari.
References
Agung Hartoyo ., & Dewi Rahmadayanti (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Basicedu : Research & Learningin Elementary Education.
Arifin, M., & Asfani, K. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Pengembangan. Malang
Asmad. (2013). Konsep dasar Analisis Kebijakan. Https://Ejournal.Kopertais4.or.Id, 17.
Balitbang Kemendikbud. (2019). Kajian implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Cheung, A.C.K. & Wong, P.M. (2012). Factors affecting the implementation of curriculum reform in Hong Kong, China: Key findings from a large-scale survey study. International Journal of Educational Management, 26(1), 39-54
Firda.B.Hana. (2023). Prinsip Manajemen Kurikulum, Pembelajaran dan kepesertadidikan. Gorontalo : IAIN Sultan AMAI Gorontalo
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/rujukan/kajian-naskah-akademik#filter-rujukan
https://lms.syam-ok.unm.ac.id/Pertemuan-Instrumen-Penelitian-Kualitatif.pdf
Jamilatun. (2023). Karakteristik Kurikulum Merdeka. Surabaya: Universitas Al Falah
Johar, A (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Cilacap : STKIP Majenang
Lipsky, Michael. (1980). Street-Level Bureaucracy: Dilemmas of The Individual in Public Services. New York, NY: Russell Sage Foundation.
Maharani, E. (2014). Beban kurikulum 2013 terlalu berat. Republika. Dapat dikases di: https://www.republika.co.id/berita/ ducation / ducation/14/10/14/ndeg5abeban-kurikulum-2013-terlalu-berat
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. http://repository.unp.ac.id/23547/1/2019%20Buku%20Panduan%20Model%20Pembelajaran%20Berdiferensiasi%20di%20sekolah%20inklusif.pdf
Mumpunirti, Dkk (2023). Diferensiasi Pembelajaran. Yogyakarta : Kampus UNY Karangmalang
OECD. (2020a). Curriculum (Re)Design. OECD.
Permendikbud. 2023. Standar Sarana dan Prasarana PAUD, SD dan SMP. Jakarta: Kemendikbud
Pritchett, L., & Beatty, A. (2015). Slow down, you’re going too fast: Matching curricula to student skill levels. International Journal of Educational Development, 40, 276–288. Doi: 10.1016/j.ijedudev.2014.11.013
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838.
Raharjo, P (2014). Konsep Efektivitas. Yogyakarta : UNY
Restu, R. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Spillane, James P. (2004). Standards Deviation: How Schools Misunderstand Education Policy. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sutaris. (2022). Analisis Kepuasan Dan Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik SMA. Jakarta : GtkdImplementasi Kurikulum Merdekaendiksus
Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. VA: ASCD.
UUD 1945 NEGARA REPUBLIK INDONESIA Pasal 31 Ayat 2
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Veni Widi. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas.(https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-berdiferensiasi-dan-penerapannya-di-kelas/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agustiawan, M. Ali Latif Amri, Arnidah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.