PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK
Keywords:
Sikap Sosial Peserta Didik, Model Pembelajaran JigsawAbstract
Penelitian ini menelaah tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 017 Kampung Baru Kab. Mamasa Permasalahan saat ini di SDN 17 Kampung Baru khususnya di Mata Pelajaran IPS yaitu belum terakomodirnya proses yang menghasilkan peningkatan sikap sosial karena ketidak sesuaian model pembelajaran yang digunakan saat ini, dimana masih mengedepankan kompetensi akademik. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah gambaran sikap sosial peserta didik sebelum Pengaruh model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 017 Kampung Baru Kab. Mamasa? (2) Bagaimanakah Pengaruh model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 017 Kampung Baru Kab. Mamasa? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 017 Kampung Baru Kab. Mamasa ? Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sikap sosial peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw (2) Pengaruh Model pembelajaran jigsaw dengan mata pelajaran IPS sudah terlaksanakan dengan baik guru telah menyiapkan modul ajar sesuai kebutuhan peserta didik (3) Kendala dan hambatan masih ada beberapa peserta didik yang sering terlambat dan ketinggalan proses pembelajaran, kurangnyafasilitas yang ada di sekolah seperti proyektor, model-model pembelajaran dan tempat penelitian kurang kondusif (4) Mengatasi kendala dengan cara guru menyiapkan model pembelajaran meminjam alat untuk digunakan dalam proses pembelajaran seperti proyektor atau LCD mendesain tempat pembelajaran atau ruangan kelas agar tercipta proses pembelajaran yang aman dan menyenangkan..
References
Angga. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol 6.
Azizah, Nur Farah. 2022. “Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar.” Pendidikan Vol 1, No.
Barlia. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendendidikan vol1 no12.
Fakhruddin, Ali. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hardiansah, Deni. 2022. Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran.
Bandung: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Heryahya, Andang. 2022. “Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Joei Vol 5 No 2(2614–8617).
Hsb, A.A. 2018. Landasan Pendidikan. Cet. 1. Jakarta: Cirendeu Ciputat : CV.
Harisma Jaya Mandiri.
Jihad, Suyanto dan. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualitifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta : Erlangga.
Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta
Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3
Donuata, P. B. (2019). Pengaruh Quantum Teaching Metode PQ4R Berdasarkan Keragaman Kecerdasan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 23–27. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11094.
Edriati, S., Hamdunah, H., & Astuti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Model Quantum Teaching Melibatkan Multiple Intelligence. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8253.
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61 https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395.
Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4, https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617.
Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161.
Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11. https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.701.
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmahdimin, Syamsul Bachri Thalib, Arnidah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.