PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDK DETUMBAWA KELAS 5
Keywords:
pembelajaran kooperatif, diorama, hasil belajar, IPA, SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning dengan menggunakan media pembelajaran diorama di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti melaksanakan PTK IPA dalam sklus I karena hasil belajar peserta didik sangat baik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK Detumbawa, yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan media diorama mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi. Terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebelum tindakan sebesar 63,5% menjadi 85,33% sesudah tindakan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif menggunakan media diorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (n.d.). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. http://sinta.ristekbrin.go.id.
Halik, A., Sultan, A. M., & Sari, N. I. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARA MEMBACA PEMAHAMAN SISWA. Nubin Smart Journal, 2(4), 2022. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj
Lubis, A. H. (n.d.). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together.
Mahanani, P. S. El. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58
Murdani, E., Alpina, W., Wirawan, G., & Sumarli, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9524
Program Guru Dalam Jabatan, M. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya di Kelas V SD Inpres 2 Balantak Samsurijal Sahu. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 4, Issue 12).
Rahmawati, T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA. PPs Universitas Pendidikan Ganesha JIPP, 2.
Rahmi, P., & Wulan. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI MEUNASAH TUTONG ACEH BESAR Application of the Think Pair Share Learning Model Assisted by Diorama Media to Improve the Learning Outcomes of Class Students V at SD Negeri Meunasah Tutong Aceh Besar (Vol. 16, Issue 02).
Ruzakki, H., & Hosaini. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKEREJO. In Online) Journal of Educational and Language Research (Vol. 1, Issue 2). http://bajangjournal.com/index.php/JOEL
Widya, P., Dewi, P., Wira Bayu, G., & Aspini, N. N. A. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. 4(2), 158–164. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Valentina Antonia Dhae, Maria Clarita Bhaya, Salsabila Salsabila, Fransiskus Yogan Demu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.