PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 14 BINAMU

Authors

  • Fatikhah Abdullah Universitas Negeri Makassar Author
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar Author
  • Latang Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di UPT SD Negeri 14 Binamu, Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian berjumlah 77 siswa dengan sampel 26 siswa kelas V UPT SD Negeri 14 Binamu dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil penelitian, disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di UPT SD Negeri 14 Binamu

References

Aminah, A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas VI SDN 16 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 114-123.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya Unipress.

Jamaludin, M., & Mokhtar, M. F. (2018). Students team achievement division. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(2), 559–566. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i2/3966

Prayekti. (2015). The influence of cooperative learning type STAD vs expository and cognitive style on learning of comprehension physics concept in among students at tenth grade senior high school in East Jakarta, Indonesia. Pinnacle Educational Research & Development, 3(3), 1–9.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan. Lita. Bandung: Nusa Media.

Solihatin, A., & Raharjo, A. (2008). Pembelajaran kooperatif: Konsep, teori, dan aplikasinya dalam pendidikan. Bandung: UPI Press

Solihatin & Raharjo. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Y. Q., Natsir, Y., & Hanum, L. (2015). A teacher’s experience in teaching with student teams-achievement division (STAD) technique. International Journal of Instruction, 8(2), 99–112.

Downloads

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 14 BINAMU. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(01), 132-139. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/18

Similar Articles

1-10 of 133

You may also start an advanced similarity search for this article.