PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 14 BINAMU
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di UPT SD Negeri 14 Binamu, Jeneponto. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian berjumlah 77 siswa dengan sampel 26 siswa kelas V UPT SD Negeri 14 Binamu dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil penelitian, disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di UPT SD Negeri 14 Binamu
References
Aminah, A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas VI SDN 16 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 114-123.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya Unipress.
Jamaludin, M., & Mokhtar, M. F. (2018). Students team achievement division. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(2), 559–566. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i2/3966
Prayekti. (2015). The influence of cooperative learning type STAD vs expository and cognitive style on learning of comprehension physics concept in among students at tenth grade senior high school in East Jakarta, Indonesia. Pinnacle Educational Research & Development, 3(3), 1–9.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan. Lita. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, A., & Raharjo, A. (2008). Pembelajaran kooperatif: Konsep, teori, dan aplikasinya dalam pendidikan. Bandung: UPI Press
Solihatin & Raharjo. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Y. Q., Natsir, Y., & Hanum, L. (2015). A teacher’s experience in teaching with student teams-achievement division (STAD) technique. International Journal of Instruction, 8(2), 99–112.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatikhah Abdullah, Ismail Tolla, Latang (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.