PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SD NEGERI 011 RAPPOGADING KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Keywords:
Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Cerita PendekAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimental Design. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa SD Negeri 011 Rappogading. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 011 Rappogading berjumlah 46 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen kemudian kelas IV B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa di SD Negeri 011 Rappogading Kabupaten Polewali Mandar.
References
Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Publikasi Pendidikan , 8(3), 160-171.
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan Dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407.
Fauzi, I., & Sukidi, M. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN Kerabon 1 Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penenelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 7(13), 2458-2467.
Fuziarti, V. R., Nurjamin, A., & Kartini, A. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Buku Kumpulan Cerpen Doa Untuk Sebuah Negeri Karya Julianty Ismail. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 8(3), 214-219.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Nugrahani, R. (2017). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).
Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006 "Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah". Jakarta: Depdiknas.
Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2020). Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2020). The Impact of Serial Image Media on Dyslexia Disorder in Elementary School Mathematics Learning. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences , 3(4), 3043-3049.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) , 4(2), 228-242.
Umbara, I. A., Sujana, I. W., & Negara, I. G. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Berpengaruh Terhadap Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa. Mimbar Ilmu , 25(2), 174-186.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Study Guru dan Pembelajaran , 3(1), 51-57.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifky Setiawan, Muhammad Faisal, Latang (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.