ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DISLEKSIA) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 21 LUBUK ALUNG
Keywords:
Disleksia, Peserta Didik, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar membaca oleh peserta didik yang mengalami gangguan Disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada siswa kelas IV dengan gangguan Disleksia di SDN 21 Lubuk Alung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu mengggunakan wawancara, observasi dan tes terkait kemampuan membaca peserta didik yang mengalami gangguan Disleksia. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peserta didik Disleksia kesulitan dalam mengidentifikasi kata sukar dan kata dasar, memaknai kata, memahami isi bacaan, kesulitan dalam menulis karena tidak mengetahui huruf. Dan faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam membaca adalah kurangnya motivasi dan minatnya dalam membaca, lingkungan keluarga kurangnya perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar anaknya dirumah. Kurangnya semangat belajar dari peserta didik dan metode mengajar serta media yang digunakan oleh guru saat belajar kurang menarik perhatian dari peserta didik tersebut. Dari faktor-faktor tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang baik dan tidak bagus selama proses pembelajarannya.
References
Afdal, N. A. A. P. (2022). Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas Rendah di SDN 029 Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Basataka, 2, 169–176.
Anggraini. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDIT Hidayatullah Di Desa Daren Selama Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1221–1228.
Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka pelajar
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035
Islamy, F. A., & Wachidah, K. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IV dengan Gangguan Disleksia di SDN Petungasri 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.418
Jaa Maria, Pelipus, M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Membacca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas II di SDI RUTOSOR. Menulis Permulaan Siswa Kelas II Di SDI Rutosoro, 4, 1524–1534.
Kurnia, R., Guslinda, G., & Safriyanti, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457
Lestari, Y., Elhefni, & Wibowo, D. R. (2023). ”Analisis Kesulitan Membaca Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Disleksia)”. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 76–87. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/1397
Lu’lu’a, K., Luthfiana, L., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Khusna, D. S. (2023). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca pada Pelajaran Pancasila Siswa Kelas 1 Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6405
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Martanti, F. (2018). Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. 2(3), 283–289.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Rifatin, D. A. (2022). Pemanfaatan Tekhnik (Struktural, Analitik, Sintetik) Pada Anak Yang Terkena Disleksia Ketika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 294–301. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.669
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979
Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi Eksplorasi Bentuk-Bentuk Gejala Disleksia pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495
Rohman, Y. A.,(2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946
Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603.
Suchyadi, Y. (2022). Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 137–142. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i2.7146
Varia Nihayatus Saadah, N. H. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 39–52.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shancy Syahrani P, Nurfarida Deliani, Juliana Batubara (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.