IMPLEMENTASI STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD INPRES BARAI 1
Keywords:
Aktivitas Belajar, Matematika, PAKEMAbstract
Aktivitas belajar siswa masih belum maksimal karena metode dan pendekatan yang digunakan kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan PAKEM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Melalui pendekatan PAKEM ini, peserta didik lebih semangat, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Dari hasil ini peserta didik lebih menyukai dan memahami matematika itu sendiri. Jadi pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAKEM di SDI Barai 1 sangat efektif di gunakan oleh guru.
References
Andi Achru. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Anisa, R. N., Ambarwati, L., & Deasyanti. (2020). Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Bermain. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–11.
Defani, M., & Wirdati, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Kelas X.E7 SMAN 1 Painan). ANWARUL, 3(6), 1273–1282. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1660
Febriani, R. (2018). Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Hasil. 1–6.
GOOD, G. (2015). Angewandte Chemie International. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 1881–1891.
Haris, Irham Abdul, 2022. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 PADANG RATU LAMPUNG TENGAH. In Jurnal Mubtadiin (Vol. 8). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Kasus, S., Kelas, D. I., Sman, X. E., & Defani, M. (n.d.). A n w r u l. 3, 1273–1282.
Krisnawati, M., Arini, N. W., & Suarjana, M. (2013). Penerapan Pendekatan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SIswa Kelas IV SD No. 2 Pemaron. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1481
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.
Wirasa, W. (2015). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–8. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3517
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Waldetrudis Aprilia Gego, Chatarina Novianti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.