IMPLEMENTASI STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD INPRES BARAI 1

Authors

  • Maria Waldetrudis Aprilia Gego Universitas Flores Author
  • Chatarina Novianti Universitas Flores Author

Keywords:

Aktivitas Belajar, Matematika, PAKEM

Abstract

Aktivitas  belajar siswa masih belum maksimal karena metode dan pendekatan yang digunakan kurang variatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan PAKEM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui siklus. Setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrument pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Melalui pendekatan PAKEM ini, peserta didik lebih semangat, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Dari hasil ini peserta didik lebih menyukai dan memahami matematika itu sendiri. Jadi pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAKEM di SDI Barai 1 sangat efektif di gunakan oleh guru.

References

Andi Achru. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Anisa, R. N., Ambarwati, L., & Deasyanti. (2020). Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Bermain. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–11.

Defani, M., & Wirdati, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Kelas X.E7 SMAN 1 Painan). ANWARUL, 3(6), 1273–1282. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1660

Febriani, R. (2018). Penerapan Model Pakem Untuk Meningkatkan Hasil. 1–6.

GOOD, G. (2015). Angewandte Chemie International. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(April), 1881–1891.

Haris, Irham Abdul, 2022. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 PADANG RATU LAMPUNG TENGAH. In Jurnal Mubtadiin (Vol. 8). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin

Kasus, S., Kelas, D. I., Sman, X. E., & Defani, M. (n.d.). A n w r u l. 3, 1273–1282.

Krisnawati, M., Arini, N. W., & Suarjana, M. (2013). Penerapan Pendekatan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SIswa Kelas IV SD No. 2 Pemaron. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1481

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Wirasa, W. (2015). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–8. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3517

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI STRATEGI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD INPRES BARAI 1. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 615-621. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/84

Similar Articles

1-10 of 73

You may also start an advanced similarity search for this article.