UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SD KANISIUS PUGERAN
Keywords:
Media Maket, Tematik, Ekosistem, Daur UlangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelajaran dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif dengan mengembangkan bahan ajar berupa Media Maket Ekosistem Berbahan Daur Ulang Pada Pembelajaran Tematik Tema Ekosistem Dikelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tahap validasi desain melibatkan ahli materi, ahli media. Berdasarkan penilaian Hasil yang diperoleh dari ahli materi (dosen) keseluaruhan mencapai 85%. Dari perhitungan diperoleh persentase 85%, maka materi yang terdapat dalam media dikategorikan sangat layak. Hasil penilaian dari ahli media keseluruhan mencapai 86%. Dari perhitungan diperoleh persentase 86%, maka media dikategorikan sangat layak. Adapun hasil validasi dari keseluruhan aspek yang diperoleh dari 2 validator dapat kategori snagat layak. Maka pengembangan media maket ekosistem berbahan daur ulang pada pembelajaran tematik tema ekosistem di kelas V SD yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan “sangat layak”.
References
Aldjufri, Ghaniy. N. M. 2016. Pengembangan Media Maket 3D sebagai Bahan Ajar pada Materi Hidrosfer dengan Model 4D Untuk Siswa Kelas X SMA. Swara Bhumi, 35. 2302 – 142X.
Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Budiani, N. (2021). Upaya Penggunaan Media Maket Dalam Meningkatkan Minat Belajar AnakKelompok B. Hadlonah, 2(2), 70-74. DOI :http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata
Depdiknas. 2006. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Direktoral Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis.
Diana P. K. (2017). Ekosostem, Jakarta: KDT.
H.B. Sutopo, 2002. Konsep – Konsep Dasar Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Khairi, Zaimuddin. 2012. “Efektifitas Media Maket Sebagai Representasi Karya Perancangan Arsitektur Di Era Digital”. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Novitasari, E.,Sumarni, S., & Rahelly, Y. Pengembangan Media Maket Berbasis Kota Palembang Untuk Anak Kelompok B di TK Bhakti Asuhan 1 Palembang. CAKRAWALA DINI. 9(2). DOI :https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11008
Sadiman, Arif. S., dkk. 2014. Media Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sasami.,&Hayom, R. (2018).Pengembangan Media Maket Untuk Meningkatkan KemampuanBerpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IIISD. Anjasmara. http://eprints.uny.ac.id/61352/
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lidya Jemriski Br Ginting, Dinda Yarshal (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.