MEDIA PETA BERBARCODE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Peta Berbarcode, Hasil Belajar, Kebudayaan IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kebudayaan Indonesia. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media yang masih minim dan terpaku pada buku. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan media pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk belajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak aktif dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media peta berbarcode terhadap hasil belajar siswa materi kebudayaan Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen menggunakan post-test only control design. Subjek penelitian ini adalah kelas IV B dan IV C sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa post-test serta dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media peta berbarcode terhadap hasil belajar siswa materi kebudayaan Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Devi, M. D. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Peta Budaya Untuk Pembelajaran Tematik Kelas Iv the Instructional Media Development of Cultural Map Miniature for the Fourth Grade Thematic Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 401–411.
Ghofur, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985
Mahmudah, R. A., & Paksi, H. P. P. M. P. I. “SCRABBLE B. P. M. B. K. B. I. U. S. S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Scrabble Berbarode” Pada Materi Bentuk Keragaman Budaya Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar. JPGSD., Volume 10, 881–890.
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Syarif Sumantri, M. (2019). Computer-based interactive multimedia: A study on the effectiveness of integrative thematic learning in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012028
Rahmadani. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Memahami Materi Keberagaman Budaya Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Belida Darat. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(2), 129. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i2.3301
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I
Safitri, C. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BER-BARCODE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING KELAS IV PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) UPT SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 39 GRESIK. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.
Satianingsih, R., Prasetyo, D., & Putri, D. A. (2022). Pegaruh Media Keatif Pop up terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SDN Kebodalem Mojosari. Journal of Creative Attitudes Culture, 3(2), 56–62.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elsa Putri Bunga, Rarasaning Satyaningsih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.