IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDS MUHAMMADIYAH
Keywords:
peningkatan hasil belajar, ipas, pembelajaran kontekstualAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa kelas V di SDS Muhammadiyah melalui implementasi model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dengan memanfaatkan media audiovisual. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi [Bunyi ] menjadi latar belakang penelitian ini. Prosedur penelitan ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL dengan media audiovisual. Rata-rata nilai siswa meningkat dari (65) pada siklus sifat-sifat bunyi menjadi (90) pada manfaat pemantulan bunyi. Peningkatan ini juga ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulannya, model pembelajaran CTL dengan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS di SDS Muhammadiyah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji penerapan model ini pada mata pelajaran lain dan di sekolah yang berbeda.
References
Abidin. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KONTEKSTUAL. In J P (Vol. 3). https://jurnalcendekia.id/index.php/jp3t/
Antari, N., & Agustika, G. (2020). Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2).
Kadek, N., Agustini, D., Gusti, I., & Japa, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1).
Mursalim, M., Indrianto, I., Serliana, S., & Sonia, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 640 Ponnori. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 172–183. https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.520
Rahayu, L. T., Masfuah, S., & Setiawaty, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8.
Rahman, A., & Putri, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) (Abdul Rahman, Ni KadekVianSusani Putri) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) (Vol. 7, Issue 2).
Saingo, Y., Yuniasih, N., & Iswahyudi, D. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 SUBTEMA 3 KELAS IV SDN BANDUNGREJOSARI 1 MALANG. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Sulistiyanto. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pokok Bahasan Peredaran Darah Siswa Kelas V SD Inpres 14 Kabupaten Sorong Sulistiyanto SD Inpres Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan, 7.
Utami, D. (2023). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran CTL Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Banjurmukadan. In Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1).
Wijayanti, M. V., & Mawardi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Maria Silfiani Nika, Natalia Weni, Anjelina Amus, Bonefasius Niku Gaka (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.