PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SDN IPI
Keywords:
Penelitian Tindakan kelas, problem solving, hasil belajar, IPA, magnetAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi magnet dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran problem solving. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di (SDN IPI),yang berjumlah (20 siswa) orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi,refeleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar,lembar observasi aktifitas guru dan siswa,serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini di buktikan dengan peningkatan nilai rataa-rata hasil be;ajar siswa pra tindakan ke siklus l dan kemudian ke siklus ll. selain itu,aktifitas siswa dalam pembelajaran juga menunjukkan peningkatan, terutama dalam hal keterlibatan,kerja sama, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian,model problem solving efektif di terapkan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi magnet.
References
Aminah Nababan Dosen STKIP Bina Bangsa Meulaboh, S., & Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujung kec Mereubo Kab Aceh Barat, J. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI ACEH BARAT. In Maret (Vol. 6, Issue 1).
Fadillah, N., Thahura, F., Surya, R., & Sains Cut Nyak Dhien, U. (n.d.). Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia. In CERDAS (Vol. 2, Issue 1).
Sutarmi, K., & Suarjana, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2).
Syahni, S. F., & Ningsih, A. G. (2023a). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 53 Kuranji Kota Padang. In Scholastica Journal (Vol. 6, Issue 1).
Syahni, S. F., & Ningsih, A. G. (2023b). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 53 Kuranji Kota Padang. In Scholastica Journal (Vol. 6, Issue 1).
Via Yesika Saragih | Penerapan Model Problem Solving dalam Pembelajaran IPA PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. (n.d.).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lastania Gambe, Damianus Koten, Maria D.S Nirhu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.