PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI NDONA 4 PADA MATERI CAHAYA

Authors

  • Sebastiana Nenu Universitas Flores Author
  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores Author
  • Ancelina Gaa Universitas Flores Author
  • Laily Hidayati Umi Universitas Flores Author

Keywords:

penelitian tindakan kelas, diskusi kelompok, hasil belajar, cahaya, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan metode diskusi kelompok pada materi Cahaya. Penelitian ini menggunakan model PTK dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat tahap dalam setiap siklus : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)  observasi (4) refleksi. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus : 1)Tempat dan waktu penelitian: Penelitian di laksanakan di Sdi Ndona 4 Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yaitu pada bulan April 2025.  2) Subjek penelitian: Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Ndona 4 yang berjumblah 15 orang terdiri dari 7 siswa laki laki dan 8 siswa perampuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapat metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan dalam II siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tidakan, observasi dan refleksi. Sebelum tindakan dilakukan pre-tes rata rata nilai siswa adalah 63,8 dan hanya 15% siswa yang mencapai KKM (70) setelah penerapan metode diskusi kelompok peneliti memperoleh data kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan perkembangan aktivitas dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu. Pada siklus I, siswa mulai belajar dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan konsep konsep cahaya. Meskipun beberapa siswa masih pasif,serta ada beberapa kelompok yang tidak bekerha sama dengan baik, secara umum terdapat peningkatan partisipasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 71,46 dan 36% siswa mencapai KKM. . Dengan demikian diskusi kelompok merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi yang membutuhkan pemahaman konseptual seperti sifat sifat cahaya untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka secara signifikan.

References

Carin, A. A., & Sund, R. B. (1989). Teaching science through discovery. (No Title).

Dewi, S. Z., & Suhandi, A. (2017). Penerapan Strategi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (Pdeode) Pada Pembelajaran Ipa Sd Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 12. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5118

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Lie, J. (2008). Zainichi (Koreans in Japan): Diasporic nationalism and postcolonial identity (Vol. 8). Univ of California Press.

Maragau, R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Hewan Pada Peserta Didik Kelas V MIS Al-Khairaat Tada Kecamatan Tinombo Selatan. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.

Masyitha, S., Malinda, L., & Ramadhan, N. (2024). Penggunaan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SDN 106155 Tandem Hilir 1. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 102–106.

Suardipa, I. P. (2020). Proses scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) dalam pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(1), 79–92.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI NDONA 4 PADA MATERI CAHAYA. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 809-814. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/252

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 198

You may also start an advanced similarity search for this article.