PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MIS FATIMIYAH
Keywords:
Metode Demonstrasi, Multimedia Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD MIS Fatimiyah melalui penerapan metode demonstrasi berbantuan multimedia interaktif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, ditandai dengan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah metode demonstrasi berbantuan multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Aprilia, I., Sundari, F., & Wijaya Ade. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tajur 1 Bogor.
Arrum, A., & Safitri, N. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Web LearningApps untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/index
Azhari, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran IPA Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Research Applications in Community Service, 3(3), 47–52. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i3.2967
Dewi, A., Silangen, P., & Rampengan, A. M. (2024). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 TOMBATU APPLICATION OF DEMONSTRATION METHOD ASSISTED BY PRESENTATION MEDIA IN IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES ON THE TOPIC OF STATIC FLUID AT SMA NEGERI 1 TOMBATU. 2.
Fariq, W. M. (2023). Analisis Deskriptif Inovasi Strategi dan Metode Pembelajaran dalam Kerangka Merdeka Belajar. In Jurnal Kependidikan (Vol. 12, Issue 3). https://jurnaldidaktika.org
Herlini, N., & Adri, H. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 07 Talang Padang. 2. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri
Karna, S., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319–325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Kurniawati, I., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick================================================================================
Nahdi, D., Yonanda, D., & Agustin, N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 4).
Ramadhani, I., & Asrul. (2024). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline to Improve Student’ Science Literacy. Lectura : Jurnal Pendidikan, 15(2), 533–545. https://doi.org/10.31849/lectura.v15i2.20974
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Teodesia Ndindik, Siti Amina, Anjeliani Efrensiana Enes, Mario Gonsalves Salo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.