MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA TERHADAP GERAK BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELAS IV SDI OTOMBAMBA
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Gaya terhadap Gerak Benda.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya terhadap Gerak Benda telah selesai dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Peneitian ini diakukan dikeas IV SDI Otombamba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, presentasi ketuntasan belajar mencapai 57,14%, dan meningkat menjadi 88%. Pada siklus 2 Aktifitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa dalam meningkatan hasil belajar dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPAS, khususnya pada materi gaya dan gerak benda
References
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Maria Evangeli Resi, Angela Marici Tawa, Ricardus Haryanto Muga, Febriana Mbepa, Maria Loyse Ngole, Maria Viktorien Penga (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.