MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA TERHADAP GERAK BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELAS IV SDI OTOMBAMBA

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores Author
  • Maria Evangeli Resi Universitas Flores Author
  • Angela Marici Tawa Universitas Flores Author
  • Ricardus Haryanto Muga Universitas Flores Author
  • Febriana Mbepa Universitas Flores Author
  • Maria Loyse Ngole Universitas Flores Author
  • Maria Viktorien Penga Universitas Flores Author

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Gaya terhadap Gerak Benda.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya terhadap Gerak Benda telah selesai dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Peneitian ini diakukan dikeas IV SDI Otombamba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2.  Pada siklus 1, presentasi ketuntasan belajar mencapai 57,14%, dan meningkat menjadi 88%. Pada siklus 2 Aktifitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa dalam meningkatan hasil belajar dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPAS, khususnya pada materi gaya dan gerak benda

References

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA TERHADAP GERAK BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELAS IV SDI OTOMBAMBA. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 794-799. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/250

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 187

You may also start an advanced similarity search for this article.