PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROMBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN IPI

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores Author
  • Stefani Laura Mei Bhimbi Mega Universitas Flores Author
  • Theresia Nona Aci Universitas Flores Author
  • Fransiskus Leonardus Bolo Oyan Universitas Flores Author
  • Angelina Trisnawati Wara Universitas Flores Author

Keywords:

Problem-Based Learning, Pembelajaran IPA, Kalor, Hasil Belajar, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Kalor dan Perpindahannya pada siswa kelas V SDN IPI. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya pemahaman konsep sains (nilai rata-rata pra-tes 62,5 di bawah KKM 70) dan dominasi metode ceramah yang kurang melibatkan siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan campuran dengan teknik pengumpulan data melalui pra-tes, pasca-tes, observasi, rubrik proyek, dan refleksi siswa.

References

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862

Ayu Paramita Kusumah Wardhani, G., Susanty, D., Ayu Oksari, A., Nurhayati, L., & Nuranzani, A. (2022). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. 5(1).

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Rahayuningsih, S. H., Hanivah, B., Khosiyono, C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA HASIL BELAJAR IPA KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Rifqi Hamzah, M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).

Syukri, M. (2020). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL BERBASIS PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. In Jurnal Pencerahan (Vol. 14, Issue 2).

Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, W., Gst, I., Putu, A., & Darmawati, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROMBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN IPI. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 669-676. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/235

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 181

You may also start an advanced similarity search for this article.