PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROMBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN IPI
Keywords:
Problem-Based Learning, Pembelajaran IPA, Kalor, Hasil Belajar, SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Kalor dan Perpindahannya pada siswa kelas V SDN IPI. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya pemahaman konsep sains (nilai rata-rata pra-tes 62,5 di bawah KKM 70) dan dominasi metode ceramah yang kurang melibatkan siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan campuran dengan teknik pengumpulan data melalui pra-tes, pasca-tes, observasi, rubrik proyek, dan refleksi siswa.
References
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862
Ayu Paramita Kusumah Wardhani, G., Susanty, D., Ayu Oksari, A., Nurhayati, L., & Nuranzani, A. (2022). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. 5(1).
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Rahayuningsih, S. H., Hanivah, B., Khosiyono, C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA HASIL BELAJAR IPA KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.
Rifqi Hamzah, M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).
Syukri, M. (2020). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PBL BERBASIS PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. In Jurnal Pencerahan (Vol. 14, Issue 2).
Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, W., Gst, I., Putu, A., & Darmawati, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 260–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Stefani Laura Mei Bhimbi Mega, Theresia Nona Aci, Fransiskus Leonardus Bolo Oyan, Angelina Trisnawati Wara (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.