PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTERNET OF THINGS (IOT) BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Keywords:
modul pembelajaran, internet of things, project based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Internet of Things (IoT) berbasis Proyek (Project Based Learning). Metode yang digunakan adalah R&D dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Komputer yang telah mengambil mata kuliah IoT. Instrumen pengumpulan data meliputi uji validasi, angket respon mahasiswa, dan penilaian hasil penggunaan modul. Menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan modul ini sangat valid dengan persentase 94% dari ahli materi dan 96% dari ahli media. Kepraktisannya dinilai sangat praktis dengan persentase 83%, sedangkan keefektifannya dibuktikan dengan rata-rata ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 84%. Dengan hasil tersebut, modul pembelajaran berbasis proyek ini layak digunakan dalam pembelajaran di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
References
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Hikmah, N., & Hamid, M. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 4(2), 13-16.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 St. Diva Az-zahra, Satria Gunawan Zain, Sanatang (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.