EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS III SDI NDONA 4
Keywords:
video animasi, pemahaman konsep, perubahan zat, pembelajaran IPA, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA khususnya pada tema Wujud Zat dan Perubahannya melalui penggunaan media video animasi. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas III SDI Ndona 4, ditemukan bahwa rendahnya hasil belajar dan partisipasi aktif siswa disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan kurangnya media interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan partisipasi, pemahaman konsep, serta motivasi belajar siswa. Rata-rata nilai meningkat dari 63,5 (pra siklus) menjadi 82–85 (siklus II), dan ketuntasan belajar meningkat dari 31% menjadi 85%. Dengan demikian, penggunaan media video animasi terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan bermakna pada materi perubahan wujud zat.
References
Abdul Aziz Lutfil Hakim, I Gede Wawan Sudatha, & Gusti Ayu Putu Sukma Trisna. (2024). Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Topik Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(2), 197–205. https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.75408
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fatimaturohmah, N., & Wibowo, E. K. O. W. (2024). MEDIA VIDEO ANIMASI SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD / MI Animated Video Media as a Tool to Enhance Learning Outcomes in Natural and Social Science Subjects for Fourth-Grade Elementary Students. 16(02), 173–186.
Learning, P. B. (2024). Keberhasilan Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen. XII(3), 288–294.
Setiani, E. A. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Kelas III Di SD Al-Zahra Indonesia. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72472%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72472/1/11190183000007_Early Azzahra Setiani.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Maria Ludtinia Bupu Meo, Yasinta Moi Wale, Sonia Gua, Fransiska Saveriana Luhur (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.