PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDK MBOMBA PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA
Keywords:
hasil belajar siswa, model inkuiri, eksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Masalah utama yang ditemukan dalam pembelajaran IPA di kelas adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model inkuiri. Model inkuiri di pilih karena dapat melibatkan langsung siswa secara aktif dalam proses menemukan dan memahami konsep melalui kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V SDK Mbomba yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda 20 nomor. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDK Mbomba secara signifikan dengan hanya menggunakan 2 siklus. Hal ini dibuktikan melalui data yang dianalisis dengan membandingkan presentase ketuntasan minimal secara klasikal pada setiap akhir siklus 1 dan 2. Pada siklus 1 rata-rata nilai siswa 40 dengan tingkat ketuntasan 10%, setelah dilakukan lagi pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat menjadi 64,25 dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, hal ini ditunjukan keterlibatan langsung siswa saat melakukan kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok.
References
Aryanthi, K. D., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22215
Dwi Apriliani, N. M. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 122. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17390
Guntur Zainal, Z., & Yusmira. (2022). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 156–164.
Mi, D. I., & Arif, M. A. (2024). Pengembangan materi ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada pelajaran ipa di mi ma’ arif gandu.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Pendidikan, J., Kelas, S., Langsa, V. M. I. N. I., & Ar, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar. 7, 1–10.
Samuel Patra Ritiauw, L. S. (2018). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95.
Sariyyah, N., & Langkamau, A. S. (2024). PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDI ENDE 9 APPLICATION OF PBL MODEL TO IMPROVE STUDENTS ’ LEARNING ACTIVITIES IN SCIENCE SUBJECT CLASS V SDI. 2(3), 899–905.
Siregar, T. M., Putri, I. E., Sari, N. I., & Dkk. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa terhadap Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Jambi Medan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Purnama Nduru, Yohana Gengu Gedhe Juma, Ermelinda Jogo (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.