PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS lV DI SDI ENDE 11

Authors

  • Herlina Sri Purwayati Ghoni Universitas Flores Author
  • Nining Syariah Universitas Flores Author

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, IPA, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian    ini    bertujuan    untuk    menginvestigasi    penerapan    pembelajaran kontekstual  dalam meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas Vl SDI Ende 11,  Kab Ende.  Desain  penelitian  yang  digunakan adalah desain  penelitian  tindakan  kelas  yang  melibatkan  dua  siklus.  Materi  yang digunakan  adalah  materi  IPA  tentang  gaya  magnet.  Data  dikumpulkan  melalui observasi    dan    tes/kuis.    Hasil   penelitian    menunjukkan   bahwa    penerapan pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap partisipasi aktif siswa dan pemahaman  yang  lebih  mendalam  terhadap  konsep-konsep  IPA.  Seluruh  siswa mengalami  peningkatan  hasil  belajar  dengan  nilai  di  atas  rata-rata.  Penelitian  ini memberikan   implikasi   penting   bagi   praktisi   pendidikan   untuk   menerapkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56 https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Hasil, P., Ipa, B., Gaya, M., Pendekatan, M., Pada, K., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2012). perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id.

Kusnadi, D., Febiani Musyadad, V., & Fauzi Heka Perdana, F. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Ipa Tentang Gaya Magnet. Jurnal Tahsinia, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.272

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759

SISWOYO, A. A., S, A. A., A, S. F., A, N. A., & FITROTIN, D. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 168–176. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1382

Universitas, R., Maret, S., & Pengantar, K. (2010). Universitas sebelas maret surakarta 2 0 1 0.

Downloads

Published

2024-07-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS lV DI SDI ENDE 11. (2024). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 1(02), 593-597. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/78

Similar Articles

1-10 of 142

You may also start an advanced similarity search for this article.