PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS lV DI SDI ENDE 11
Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, IPA, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Vl SDI Ende 11, Kab Ende. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus. Materi yang digunakan adalah materi IPA tentang gaya magnet. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes/kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap partisipasi aktif siswa dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep IPA. Seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai di atas rata-rata. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi praktisi pendidikan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
References
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56 https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.
Hasil, P., Ipa, B., Gaya, M., Pendekatan, M., Pada, K., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2012). perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id.
Kusnadi, D., Febiani Musyadad, V., & Fauzi Heka Perdana, F. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Ipa Tentang Gaya Magnet. Jurnal Tahsinia, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.272
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759
SISWOYO, A. A., S, A. A., A, S. F., A, N. A., & FITROTIN, D. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 168–176. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1382
Universitas, R., Maret, S., & Pengantar, K. (2010). Universitas sebelas maret surakarta 2 0 1 0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herlina Sri Purwayati Ghoni, Nining Syariah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.