PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV  YANG MASIH RENDAH  DI SDI ENDE 14

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores Author
  • Ermelinda Fale Universitas Flores Author
  • Yuliana Mbembe Universitas Flores Author
  • Julita Anastasia Bay Wea Universitas Flores Author

Keywords:

pendekatan saintifik, aktivitas belajar, gaya dan gerak, penelitian tindakan kelas IPA SD

Abstract

Aktivitas belajar siswa yang rendah menjadi salah satu kendala dalam pencapaian tujuan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Materi Gaya dan Gerak sering kali tidak menarik minat siswa karena penyajiannya yang kurang melibatkan partisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik yang mencakup lima tahapan: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDI Ende 14. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas belajar siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 65%, meningkat dari kondisi awal sebesar 45%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83%. Peningkatan ini tampak pada indikator keaktifan siswa dalam mengamati, bertanya, melakukan percobaan, serta menyampaikan hasil pengamatan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pendekatan ini disarankan untuk diterapkan secara konsisten pada materi-materi yang menuntut keterlibatan aktif siswa di sekolah dasar.

References

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348.

Johnson, E. B. Andiri, dkk. 2016. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning meningkatkan hasil belajar kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah 1. Anita Lie. 2004. Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Efendi, E. (2015). Kurikulum 2013 Dalam Mewujudkan Paradigma Baru Pembelajaran Sains/IPA di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis).

Winaya, A., Made, I., Lasmawan, I. W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh model ARCS terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Chis Denpasar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Sofyan, A., Faizah, E. N., Mahmudah, I., Anastasha, D. A., Nurwahyuni, A., Viratama, I. P., ... & Nuriza, K. I. PEMBELAJARAN DI SD/MI.

Hasanah, N. M., Sholihah, S. R., & Habibah, T. (2025). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD DALAM PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 34-41.

Widyaningsih, S. Y. (2012). Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktivitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Inkuiri, 1(3).

Hidayatussani, H., Hadisaputra, S., & Al-Idrus, S. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnokimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Chemistry Education Practice, 3(1), 34-40.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of educational science and technology, 3(2), 102-112.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of educational science and technology, 3(2), 102-112.

Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV  YANG MASIH RENDAH  DI SDI ENDE 14. (2025). VARIABLE RESEARCH JOURNAL, 2(03), 739-745. https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/244

Similar Articles

1-10 of 208

You may also start an advanced similarity search for this article.